Info

Lebih Selektif Pilih Roti dengan Melihat Warna Penjepitnya

Jika roti dalam keadaan bagus maka bagus juga untuk kesehatan tubuh.

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Penjepit roti. (survivalathome)
Penjepit roti. (survivalathome)

Himedik.com - Roti merupakan makanan yang kerap dipilih masyarakat Indonesia sebagi alternatif pengganti sarapan selain nasi. Selain lebih praktis, roti juga mampu membuat perut merasa kenyang layaknya nasi. Tapi kamu perlu hati-hati, pasalnya roti yang dijual di pasaran memiliki masa kadaluwarsa.

Tak seperti nasi yang langsung terlihat jika sudah basi. Roti kadaluwarsa terkadang hanya mengeluarkan aroma yang kurang sedap tanpa ditumbuhi jamur. Tentunya ini bisa membahayakan kesehatan kalau hidung kurang sensitif terhadap bau dan kamu lupa tidak melihat tanggal kadaluwarsanya.

Maka dari itu, sebaiknya kamu perlu mengetahui tanggal produksi roti. Seperti halnya roti tawar, jika diamati, penjepit roti tawar memiliki warna yang berbeda-beda. Sebenarnya apa sih fungsinya? Nah, ternyata warna penjepit roti itu menunjukkan waktu pembuatan roti lho.

Roti tawar. (pixabay)
Roti tawar. (pixabay)

Warna biru artinya roti dibuat pada hari Senin, hijau untuk hari Selasa, merah hari Kamis, putih artinya roti dibuat hari Jumat, dan kuning untuk hari Sabtu. Jadi sebaiknya jika beli roti pilih warna dan hari yang sama. Misal beli di hari senin, maka pilih penjepit warna biru.

Selain masih jauh dari tanggal kadaluwarsa, roti yang dibeli di hari produksinya tentunya juga masih dalam kondisi bagus. Meski demikian, tidak semua merk roti menggunakan kode warna yang sama. Jadi, kamu harus ingat untuk cek tanggal kadaluwarsanya.

Berita Terkait

Berita Terkini