Info

Percaya atau Tidak, Selera Musik Bisa Gambarkan Kepribadian

Secara psikologis, selera musik sering dikaitkan dengan karakter atau kepribadian seseorang.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi mendengarkan musik. (unsplash)
Ilustrasi mendengarkan musik. (unsplash)

Himedik.com - Musik memang kerap dijadikan sarana penghibur diri. Bahkan, bagi sebagian orang akan merasa tenang jika mendengarkan musik yang disukainya.

Nah bicara soal musik yang disukai, secara psikologis sering dikaitkan dengan karakter atau kepribadian seseorang. Karena setiap orang pasti memiliki selera musik yang berbeda. 

Dilansir dari Psychcentral, sebuah riset telah membuktikan bahwa ada keterkaitan antara musik favorit dengan kepribadian. Penasaran? Dilansir dari Dewiku, berikut ulasannya.

1. Musik up-beat

Jenis musik yang menghentak dan membuat semangat ini cenderung disukai oleh mereka yang berkepribadian ekstrovert. Tapi untuk kasus tertentu, musik up-beat juga disukai mereka yang sedang ingin melarikan diri dari sesuatu. Sebab, musik up-beat bisa jadi saluran melepaskan emosi yang terpendam.

2. Metal

Meski dianggap keras dan destruktif, orang yang menyukai musik ini biasanya sangat peka. Tapi di sisi lain mereka juga kreatif, sehingga tidak suka dengan keadaan yang monoton. Biasanya orang-orang penyuka musik metal itu rebel dan anti-mainstream.

3. Musik slow

Seperti musiknya, penyuka genre musik slow biasanya orang-orang dengan pembawaan tenang serta pandai mengatur emosi. Mereka juga cenderung berpikiran dewasa dan selalu pikir panjang sebelum memutuskan sesuatu.

4. Musik klasik

Penyuka musik klasik cenderung suka kedamaian, penyendiri, diam dan tidak terlalu suka bergaul. Konon katanya, musik klasik susah dimengerti, sehingga penyuka musik klasik biasanya memiliki kecerdasan tinggi.

5. Dangdut

Musik yang sangat asyik untuk bergoyang ini cocok untuk mereka yang cenderung sederhana, easy going, dan seru. Musik dangdut bisa jadi pelarian mereka dari beban hidup.

6. Jazz

Penyuka musik jazz biasanya adalah orang-orang yang senang mencari sesuatu serta punya jiwa petualang yang tinggi.

7. Pop modern

Penyuka musik pop biasanya adalah sosok yang percaya diri dan suka dengan perubahan. Sayangnya, kadang gegabah dalam menghadapi masalah.

8. Reggae

Penyuka musik reggae tidak termasuk orang-orang pekerja keras, namun sangat kreatif dan cenderung kalem kalau menghadapi masalah.

Itulah sedikit gambaran tentang kepribadian seseorang penyuka jenis musik tertentu. Terlepas dari benar atau tidak, ini hanya sebuah penelitian semata dan tidak harus mempercayainya 100 persen. Semoga bermanfaat!

Artikel terkait dimuat Dewiku.com dengan judul: Kepribadian Bisa Dilihat dari Genre Musik Favorit, Cek Yuk

Berita Terkait

Berita Terkini