Info

Warna Lidah Gambarkan Kondisi Kesehatan, Yuk Cek!

Sudah perhatikan warna lidahmu?

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Ilustrasi warna lidah. (unsplash)
Ilustrasi warna lidah. (unsplash)

Himedik.com - Pernahkah kamu memerhatikan warna atau tekstur yang aneh pada lidah? Jika pernah, jangan panik kalau ada sesuatu yang berubah pada warna atau kondisi lidahmu.

Dokter Lee Gause, pendiri dan dokter gigi di Smile Design Manhattan mengatakan kondisi ini bisa saja terjadi karena kamu meminum obat sakit perut yang kemudian mengubah warna lidah setelah beberapa jam.

Ternyata banyak hal yang juga bisa mengubah dan melapisi lidahmu. Ketebalan lapisan berhubungan dengan tingkat keparahan kondisi, menurut Gause.

Misalnya lapisan abu-abu dapat dikaitkan dengan Gastritis atau Ulkus Peptik, sementara lapisan coklat sering berhubungan dengan masalah paru-paru.

Lapisan putih tebal di permukaan lidah dikenal sebagai Leukoplakia. Ini bisa berasal dari asap rokok atau iritasi pada lidah.

Gause juga menjelaskan jika kamu melihat adanya 'pulau-pulau' kecil pada lidah, kondisi ini tidak berbahaya dan sangat umum terjadi. Ini disebut lidah geografis.

Beberapa warna lidah telah dirangkum HiMedik dari laman Menshealth.

1. Ujung lidah merah

Ujung lidah yang berwarna merah dapat menandakan stres mental atau emosional. Warna merah akan tetap berada di lidah jika kamu mengalami stres tinggi begitu pun sebaliknya.

Obat-obatan psikologis dapat mengubah aliran saliva dan hidrasi mulut yang dapat memengaruhi keseluruhan rongga mulut dan warna lidah.

2. Lidah hitam dan berbulu

Ini bisa terjadi ketika bakteri terbentuk atau jika kamu merokok. Perawatannya bisa dengan menyikat gigi tiga kali sehari, flossing dan tidak merokok.

''Sebuah sikat gigi elektrik adalah tambahan yang bagus untuk membantu pasien mendapatkan mulut yang bersih.

Menyikat lidah harus dilakukan setiap kali kamu menyikat gigi dan perokok maupun yang tidak merokok sama-sama harus menggunakan pengikis atau pembersih lidah,'' kata Gause.

Namun ada juga alasan lain kenapa lidah berwarna hitam yaitu karena Pepto-Bismol.

Pepto-Bismol, yang mengandung bisthmus, juga bisa mengubah permukaan lidah menjadi hitam,'' kata Dr. Jon Marashi, DDS.

3. Lidah kuning

Ini bisa menandakan masalah hati atau perut, kata Dr. Jon Marashi, DDS. ''Lidah kuning bisa menjadi awal penyakit yang berangsur-angsur mengarah ke lidah berwarna coklat atau hitam.

Penyebab lidah kuning yang paling umum adalah kebersihan gigi yang buruk, merokok, atau obat-obatan tertentu,'' katanya.

Meningkatkan kebersihan mulut harus kamu lakukan. Jika tidak ada perubahan, kamu dapat berkonsultasi ke dokter.

Ilustrasi warna lidah. (unsplash)
Ilustrasi warna lidah. (unsplash)

4. Lidah coklat

Biasanya lidah coklat berasal dari apa yang kamu makan atau minum. ''Perubahan warna coklat lidah bisa karena minum kopi berat dan/atau merokok,'' kata Marashi.

Jika lidah berwarna coklat permanen, itu bisa berarti kamu mengalami masalah paru-paru karena merokok.

5. Lidah biru atau ungu

Lidah biru atau ungu bisa menjadi indikator gangguan jantung, kata Marashi. ''Jika jantung tidak memompa darah dengan benar, atau jika ada kekurangan oksigen dalam darah, lidah bisa berubah menjadi ungu kebiruan,'' ia menjelaskan.

6. Lidah pucat

Lidah berwarna pucat dapat menunjukkan kekurangan vitamin atau nutrisi - khususnya vitamin B12 dan vitamin A.

Ini juga berkaitan dengan suplemen atau diet yang sedang kamu jalani. Cobalah makan lebih banyak makanan yang kaya vitamin A, seperti wortel, ubi jalar, labu, blewah, bayam, dan kale, serta makanan yang kaya vitamin B12, seperti hati, ikan, daging sapi, dan sereal.

Segera ke dokter jika belum ada perubahan meski kamu sudah melakukan pembersihan rongga mulut.

Berita Terkait

Berita Terkini