Info

Cari Tahu Kondisi Kesehatan Lewat Mata, Hati-hati dengan Nomor 6!

Banyak orang sering mengalami nomor 6.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Ilustrasi mata. (unsplash)
Ilustrasi mata. (unsplash)

Himedik.com - Kondisi kesehatan bisa dilihat dari beberapa bagian tubuh, misalnya rambut, mata, lidah, kulit bahkan kuku. Salah satu organ penting adalah mata. Perubahan pada mata bisa menandakan masalah penglihatan, diabetes, stres bahkan pelepasan retina.

Kali ini HiMedik telah merangkum beberapa kondisi mata yang bisa menggambarkan kesehatanmu, dilansir dari Menshealth.

Menurut dokter Natasha Herz, juru bicara klinis untuk American Academy of Ophthalmology, ada beberapa kondisi kesehatan mata yang harus kamu perhatikan.

1. Kamu bisa mengalami infeksi

Apakah kamu memakai lensa kontak sebagai pengganti kacamata? Hati-hati terhadap bintik putih pada kornea (lapisan bening di atas bola mata).

''Ini sangat umum terjadi di antara orang-orang yang memakai lensa kontak, dan bisa menjadi tanda infeksi kornea,'' kata DR Herz.

2. Kamu terlalu stres

Stres dapat ditunjukkan dalam banyak hal, salah satunya adalah kedutan mata. Ini menjadi tanda bahwa kamu harus lebih banyak istirahat dan mengelola tingkat stres sedikit lebih banyak.

3. Kamu bisa menderita diabetes

Penglihatan kabur biasanya menjadi tanda penyakit yang serius misalnya diabetes. Bahkan, sebuah studi pada Agustus 2014 menemukan 73 persen pasien diabetes mengalami penglihatan kabur.

4. Kolesterol terlalu tinggi

Cincin putih terbentuk di sekitar arcus kornea. (menshealth)
Cincin putih terbentuk di sekitar arcus kornea. (menshealth)

Jika kamu melihat cincin putih terbentuk di sekitar arcus kornea, maka kamu harus melakukan pemeriksaan. Sementara perubahan warna khusus ini paling sering menunjukkan tanda penuaan.

Namun disamping itu, tanda ini juga mengindikasikan kolesterol tinggi dan trigliserida - yang mungkin berarti peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.

5. Tekanan darah terlalu tinggi

Selain meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, tekanan darah tinggi yang tidak diobati juga dapat merusak pembuluh darah di retina yang dikenal sebagai retinopati hipertensi.

Kamu tidak dapat melihat efek di kaca tetapi dokter dapat melihat kerusakan selama pemeriksaan.

6. Retina bisa dalam bahaya

Titik-titik kecil dalam bidang penglihatan. (menshealth)
Titik-titik kecil dalam bidang penglihatan. (menshealth)

Pernah melihat titik-titik kecil yang bergerak di sekitar bidang penglihatan? Ini disebut eye floaters. Jika ada peningkatan floaters maka bisa jadi tanda air mata retina atau detasemen.

7. Terlalu lama di depan komputer

Terlalu lama di depan komputer
Terlalu lama di depan komputer

Munculnya air mata ketika menatap layar komputer merupakan respon mata ketika berada dalam kondisi terlalu kering.

8. Terlalu lama berada di bawah sinar matahari

Biasanya ditandai dengan benjolan pada bagian putih mata serta adanya tambalan berwarna kuning. Ini disebut pinguecula. Ini terjadi karena terlalu lama berada di bawah matahari.

Nah, untuk itu segera bertemu dokter jika tidak ada perubahan pada mata dalam beberapa hari.

Jagalah mata sebab mata merupakan jendela untuk jiwamu. Melalui mata kamu bisa mengetahui kondisi kesehatan bahkan bisa mengerti kebohongan yang sementara orang lain lakukan.

Berita Terkait

Berita Terkini