Info

Kerap Diambil Daunnya, Batang Seledri Tak Kalah Bermanfaat lho

Salah satu manfaat batang seledri adalah menjaga kesehatan gigi.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Batang seledri. (pixabay/stevepb)
Batang seledri. (pixabay/stevepb)

Himedik.com - Ketika memasak sayuran, tidak sedikit orang yang mengabaikan bagian batangnya. Ada yang ikut memasaknya tapi disisihkan saat dimakan atau malah membuang bagian batangnya sebelum dimasak. Salah satunya seledri.

Padahal bagian batang seldri juga kaya akan nutrisi seperti daunnya lho. Meski tidak berwarna merah seperti wortel yang mengandung vitamin A, nyatanya seledri juga merupakan sumber vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata, menjaga selaput lendir, serta kulit.

Dalam 100 gr batang dan daun seledri mengandung sebanyak 16 gr kalori tak larut dan jika dikonsumsi dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Tentunya ini sangat baik dikonsumsi bagi kamu yang memiliki kadar kolesterol tinggi atau hipertensi. Pasalnya selain menurunkan kolesterol, konsumsi seledri juga dapat menurunkan tekanan darah.

Batang seledri. (pixabay/buntysmum)
Batang seledri. (pixabay/buntysmum)

Tak cukup sampai di situ, batang seledri juga mengandung niasin, riboflavin, asam folat, dan vitamin C yang semuanya berperan dalam merangsang metabolisme tubuh. Sehingga makanan akan lebih cepat dicerna dan tubuh mendapatkan energi lebih cepat.

Manfaat batang seledri yang terakhir yaitu dapat membantu menjaga kesehatan gigi. Hal ini karena batangnya mengandung kalsium yang berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Nah, setelah melihat segudang manfaat seledri dan batangnya ini apakah kamu masih mau menyisihkan dan membuangnya begitu saja?

Berita Terkait

Berita Terkini