Info

Hati-hati, Minum Susu Mentah Bisa Ancam Kesehatan

Minum susu mentah tidak membawa manfaat kesehatan sama sekali.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi susu mentah. (pixabay/couleur)
Ilustrasi susu mentah. (pixabay/couleur)

Himedik.com - Susu merupakan minuman yang menyehatkan. Susu mengandung kalsium dan vitamin D yang berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Tapi manfaat itu tidak akan kamu dapatkan jika susu diminum mentah, sebaliknya malah membahayakan kesehatan. Tentunya kamu wajib tahu dan waspada, karena banyak produsen yang menjual susu murni/mentah.

Mengapa susu mentah berbahaya? Susu mentah yang belum dipasteurisasi mengandung beragam bakteri berbahaya. Di antaranya adalah E. coli, Listeria yang dapat menyebabkan keguguran pada bumil, dan Salmonella yang dapat menyebabkan masalah pencernaan.

Sekadar informasi, pasteurisasi merupakan proses pemanasan makanan yang bertujuan untuk membunuh mikroorganisme jahat. Ini berbeda dengan merebus, karena tidak semua bakteri akan mati hanya dengan proses perebusan.

Susu sumber vitamin D. (pixabay)
Ilustrasi susu mentah. (pixabay)

Terlebih kita tidak tahu, bakteri berbahaya apa saja yang ada dalam susu mentah. Belum jika wadah susu tidak streil dan lain sebagainya yang dapat memperparah jumlah bakteri di dalam susu. Bahkan menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memaparkan bahwa minum susu mentah tidak memberikan manfaat kesehatan apa-apa.

Jadi, mulai sekarang kalau beli susu sebaiknya cek dulu kemasannya, adakah keterangan susu melalui proses pasteurisasi atau tidak. Jangan asal beli susu, terlebih jika itu susu mentah.

Berita Terkait

Berita Terkini