Info

Redakan Gejala Laringitis dengan Empat Tips Sederhana Ini

Laringitis merupakan istilah lain dari radang tenggorokan.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Redakan Gejala Laringitis dengan 4 Tips Sederhana Ini. (unsplash)
Redakan Gejala Laringitis dengan 4 Tips Sederhana Ini. (unsplash)

Himedik.com - Laringitis atau disebut juga radang tenggorokan biasanya ditandai dengan tenggorokan terasa sakit dan suara serak ketika berbicara.

Ini berarti laring atau pita suara telah meradang baik karena infeksi atau karena terlalu sering digunakan.

Untuk meredakan gejala radang tenggorokan, berikut beberapa kiat yang dapat kamu ikuti, dilansir dari Medicaldaily.

1. Buat perubahan pola makan

Jalan terbaik adalah menghindari makanan pedas, berminyak dan asam saat dalam kondisi ini. Contohnya tomat, bawang putih, bawang merah, merica dan ikan goreng.

Kafein juga harus dihindari. Menurut Rebecca N. Gaughan, seorang dokter THT yang berbasis di Kansas, itu menyebabkan lendir menjadi lebih tebal dan kering, yang berarti lubrikasi lebih rendah di tenggorokan. Jadi mungkin lebih baik untuk membatasi konsumsi kafein serta cokelat.

2. Istirahatkan suara

Salah satu kiat yang lebih jelas adalah menghindari penggunaan suara lebih dari yang dibutuhkan. Ini berlaku untuk penyanyi khususnya yang sering mengalami laringitis akibat induksi mekanis.

Bisikan malah dapat memperburuk kondisi seseorang. ''Ketika kamu berbisik, kamu menggunakan otot di kotak suara yang sebenarnya tidak boleh digunakan secara berlebihan,'' jelas Brett Comer, ahli bedah kepala dan leher di University of Kentucky College Kedokteran.

3. Hindari alkohol dan merokok

Alkohol termasuk dalam kategori minuman dehidrasi yang berarti dapat mengganggu proses penyembuhan laring apalagi digabungkan dengan merokok. Rokok mengandung zat pengiritasi yang dapat mengiritasi pita suara dan menyebabkan laringitis kronis.

Asap rokok bukan satu-satunya penyebab iritasi. Asap cat, serbuk kayu dan berbagai bau serta partikel kuat lainnya juga bisa sebagai pemicu. Dianjurkan untuk menghindari pekerjaan apa pun yang membuat kamu terkena iritasi ini, atau setidaknya cukup lindungi dirimu dengan bantuan masker dan ruang kerja yang luas serta berventilasi.

4. Jaga tenggorokan tetap lembab

Ini berarti minum cukup air sepanjang hari. Tetapi kamu juga dapat menggunakan pelembap dan inhaler mentol karena pemulihan dapat tertunda jika tenggorokan kering.

''Jika seorang pasien menderita pilek, tenggorokan menjadi kering, maka bisa langsung memengaruhi laring,'' jelas Joshua B. Silverman, kepala, divisi laringologi, departemen otolaringologi di Long Island Jewish Medical Center.

Kamu juga dapat melembabkan tenggorokan dengan berkumur air garam atau hanya meningkatkan produksi air liur yaitu dengan mengunyah permen karet atau dengan mengisap permen.

Berita Terkait

Berita Terkini