Info

Mirip Rumah Nanas SpongeBob, Apa Sih Manfaat Buah Ini?

Buah pandan laut ini mengandung sejumlah nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Buah Pandan Laut. (pixabay/giggs_vea)
Buah Pandan Laut. (pixabay/giggs_vea)

Himedik.com - Siapa yang tak tahu SpongeBob SquarePants. Tayangan animasi yang menceritakan kehidupan bawah laut ini menarik perhatian semua usia. SpongeBob yang merupakan adaptasi dari organisme laut porifera (spons) tinggal di dalam rumah nanas bersama Gary, siput peliharaannya.

Tapi, menurut kamu apakah benar itu nanas? Mengingat nanas bukanlah tumbuhan yang hidup di pesisir pantai. Daripada menerka-nerka mending kamu lihat buah satu ini, mirip juga kah dengan rumah nanas?

Buah Pandan Laut. (Google Plus/Shampa Kulkarni)
Buah Pandan Laut. (Google Plus/Shampa Kulkarni)

Disebut juga dengan buah hala, buah ini berasal dari tanaman pandan laut yang biasanya tumbuh di tepi pantai. Buah ini bisa dimakan dan rasanya menyerupai kacang tanah.

Buah hala mengandung sejumlah nutrisi mulai dari air, karbohidrat, protein, lemak, serat, dan beta karoten. Perlu kamu tahu, buah pandan laut mengandung kadar air sebanyak 74 hingga 79 persen yang artinya dapat membantu meringankan dehidrasi.

Kandungan karbohidratnya mencapai 87 hingga 90 persen, protein 3 hingga 4,8 persen, kadar serat 24 hingga 27 persen, serta lemak yang hanya 0,3 hingga 0,5 persen menjadikannya sebagai buah dengan nutrisi lengkap.

Selain itu kandungan beta karoten di dalamnya juga menjadi nilai tambah tersendiri. Pasalnya beta karoten berperan dalam membantu mengatasi beberapa penyakit serius, di antaranya liver, pankreas, hingga kanker.

Nah, dengan beragamnya kandungan nutrisi, tentunya buah dengan nama latin Pandanus tectorius ini sangat berpotensi untuk dijadikan beragam olahan pangan yang enak dan menyehatkan. Kalau kamu, sudah pernah coba buahnya belum nih?

Berita Terkini