Info

Begini 6 Langkah Cuci Tangan Menurut WHO, Kamu Sudah Benar Belum?

Setidaknya ada enam langkah cuci tangan yang harus kamu perhatikan.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi cuci tangan dengan sabun. (iStock)
Ilustrasi cuci tangan dengan sabun. (iStock)

Himedik.com - Aktivitas sehari-hari melibatkan banyak kontak fisik dari tangan. Hal itu membuat tangan menjadi salah satu bagian tubuh yang kotor dan rawan menjadi penyebaran bakteri dan penyakit. Maka dari itu diperlukan kesadaran dari masing-masing individu untuk selalu menjaga kebersihan tangan.

Tak hanya sekadar membasuhnya dengan air, tapi cuci tangan harus dilakukan dengan baik dan benar supaya meminimalisir jumlah bakteri yang ada. Ingat ya, berikut enam langkah cuci menggunakan sabun tangan menurut WHO.

1. Tempelkan kedua telapak tangan, perlahan gosok keduanya dengan arah memutar hingga sabun berbusa.
2. Usap perlahan dan gosok kedua punggung tangan secara bergantian.
3. Bersihkan sela-sela jari tangan dengan cara memasukkan jari tangan satunya.
4. Bersihkan jari-jari tangan dengan memposisikan jari tangan satu sama lain saling mengunci.
5. Bersihkan ibu jari dengan cara menggenggamnya dengan tangan satunya, lalu putar genggaman, lakukan pula pada ibu jari satunya.
6. Langkah terakhir, letakkan semua ujung jari tangan kanan di atas telapak tangan kiri lalu putar-putar, dan lakukan juga untuk tangan satunya.

Ribet? Sebenarnya tidak jika kebiasaan ini kamu terapkan sedari lama. Nah, kamu yang cuci tangannya belum benar, mungkin bisa mulai sekarang mengaplikasikannya.

Ingat, jangan pernah sepelekan masalah cuci tangan ya. Apalagi sampai tidak mengajarkannya pada anak bagaimana cara mencuci tangan yang benar, bahaya!

Berita Terkait

Berita Terkini