Info

Jangan Salah, Ini Bedanya Pilek dan Flu

Sering dianggap sama, kedua penyakit ini berbeda lho.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi flu. (pixabay)
Ilustrasi flu. (pixabay)

Himedik.com - Banyak orang menganggap flu dan pilek adalah penyakit yang sama. Padahal keduanya berbeda lho. Influenza (flu) adalah penyakit yang menyerang saluran pernapasan, sedangkan pilek merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus.

Meski gejala influenza awalnya juga ditandai dengan batuk pilek, tapi penderita influenza akan mengalami demam yang cukup tinggi selama tiga hingga empat hari. Selain itu gejalanya juga meliputi kelelahan, sakit kepala, pegal-pegal, hingga batuk yang sangat parah.

Sedangkan untuk gejala pilek umumnya lebih ringan. Seperti bersin-bersin, terkadang sakit kepala, badan lemas, hidung berair, dan sakit tenggorokan yang biasanya hilang dalam waktu satu hingga dua hari.

Ilustrasi sakit. (pixabay/stevepb)
Ilustrasi obat flu. (pixabay/stevepb)

Secara kasat mata mungkin tidak akan terlihat perbedaan mencolok antara pilek dan flu ini. Oleh karena itu, jika pilek yang dialami tak kunjung sembuh dan terlihat lebih parah dari gejala pilek pada umumnya, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Pasalnya obat flu dan pilek tidak sama dan penderita influenza dapat mengalami komplikasi penyakit serius seperti bronkitis, pneumonia, dan sesak napas. Tak hanya itu, influenza bahkan dapat meningkatkan risiko terkena penyakit langka yang disebut dengan sindrom Reye, yaitu penyakit yang menyerang organ hati dan otak anak.

Sekarang sudah tahu kan bedanya pilek dan flu? Jangan salah lagi ya!

Berita Terkait

Berita Terkini