Info

Terungkap, Begini Cara Masak Nasi Supaya Kalorinya Berkurang

Cara ini dapat mengurangi kadar kalori nasi sebanyak 50 hingga 60 persen.

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Memasak nasi. (Blue Apron)
Memasak nasi. (Blue Apron)

Himedik.com - Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Tapi karena kandungan kalorinya yang tinggi, nasi kerap dihindari bagi para pelaku diet. Sebagai gantinya, untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat para pelaku diet ini memilih mengonsumsi buah, sayur, atau makanan lain yang rendah kalori.

Tapi, tahukah kamu bahwa ternyata cara memasak nasi memengaruhi kandungan kalori? Umumnya dalam satu mangkuk nasi mengandung 206 kalori. Tapi jika dimasak dengan cara ini, kandungan kalorinya bisa berkurang 50 hingga 60 persen.

Berikut langkah memasak nasi berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh The College of Chemical Sciences sehingga bisa mengurangi kadar kalorinya:

1. Didihkan air terlebih dahulu dan tambahkan satu sendok teh minyak kelapa.
2. Tambahkan beras dalam air yang mendidih tersebut sebanyak setengah cangkir dan rebus selama 40 menit.
3. Nasi baru boleh dikonsusmsi setelah didinginkan selama 12 jam.

Menurut para pakar kesehatan, selain mengurangi kandungan kalori, memasak nasi dengan cara di atas dapat meningkatkan kandungan serat hingga 10 kali lebih banyak dibandingkan dengan nasi yang dimasak dengan cara biasa. Tentunya ini bisa menjadi sebuah terobosan bagi yang sedang menjalani diet supaya tak takut untuk menyantap nasi.

Bagaimana, mau mencoba memasak nasi dengan cara di atas? Semoga informasi yang disajikan bermanfaat ya.

Berita Terkait

Berita Terkini