Info

Ukuran Bagian Tubuh Bisa Ungkap Kondisi Kesehatan lho

Orang dengan paha yang lebih kecil memiliki risiko lebih tinggi mengalami kematian dini dan terkena penyakit jantung.

Angga Roni Priambodo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi ukuran tubuh. (PsyCom)
Ilustrasi ukuran tubuh. (PsyCom)

Himedik.com - Siapa yang mengira bahwa ukuran bagian tubuh seperti telinga, paha, atau pinggul bisa ungkap kondisi kesehatan seseorang? Pasalnya menurut sebuah penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa pria dengan ukuran testikel yang lebih kecil cenderung terlibat dalam mengasuh anak.

Ini karena ada kaitannya dengan kadar testosteron yang lebih rendah sehingga pria dengan kondisi tersebut menyalurkan energi untuk hal lain seperti mengasuh anak.

Begitu pula dengan mereka yang memiliki paha kecil. Bukan sehat, tapi paha kecil lebih berisiko terkena penyakit.

Berdasarkan penelitian yang melibatkan sebanyak hampir 3.000 pria dan wanita yang dilakukan di Denmark, ditemukan bahwa orang dengan paha yang lebih kecil memiliki risiko lebih tinggi mengalami kematian dini dan terkena penyakit jantung.

Mengecilkan ukuran paha. (pixabay)
Ilustrasi paha kecil. (pixabay)

Sementara itu ada peneliti lain dari Universitas Oxford, Inggris, yang menyatakan bahwa lemak di bokong, pinggul, dan paha, dapat membuat asam lemak dari makanan terperangka dan mencegahnya masuk ke dalam aliran darah akibatnya lemak jadi menumpuk di organ dan ini bisa membahayakan tubuh.

Meski demikian penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk menunjang pendapat-pendapat di atas. Jadi, kamu yang memiliki ukuran bagian tubuh yang tidak seperti orang pada umumnya jangan merasa kecil hati. Belum tentu kamu menderita suatu penyakit.

Berita Terkini