Info

Segudang Manfaat Kubis yang Perlu Kamu Tahu

Konsumsi kubis dapat membantu mengendalikan rasa cemas.

Stephanus Aranditio | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Kubis. (pixabay/pexels)
Kubis. (pixabay/pexels)

Himedik.com - Kubis kaya akan nutrisi. Dalam setengah cangkir kubis yang telah dimasak mengandung sekitar sepertiga vitamin C yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Selain itu kubis juga mengandung serat, folat, kalium, magnesium, vitamin A, vitamin K, dan masih banyak lagi.

Salah satu manfaat kubis untuk kesehatan adalah mengurangi pembengkakan yang terjadi di jaringan tubuh. Tentunya hal ini turut membantu melindungi tubuh dari masalah kesehatan lainnya yang berkaitan dengan inflamasi termasuk kanker dan serangan jantung.

Kubis biasanya dikonsumsi secara mentah atau difermentasi. Keduanya tak masalah karena sama-sama bergizi. Salah satu olahan fermentasi dari kubis yang terkenal adalah kimchi. Makanan ini berasal dari Korea dengan cita rasa pedas dan agak masam. 

Makanan fermentasi termasuk kimchi, umumnya mengandung bakteri baik (probiotik) yang baik untuk kesehatan tubuh. Probiotik yang ada dalam kimchi adalah Lactobacillus kimchii serta bakteri asam laktat lain yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan.

Kimchi. (pixabay)
Kimchi. (pixabay)

Tak hanya itu, bakteri tersebut juga membantu tubuh melawan bakteri penyebab penyakit, membantu mencerna makanan, hingga mengendalikan rasa cemas. Lalu bagaimana dengan manfaat makan kubis mentah?

Tenang, tak kalah bergizi kok, karena menurut sebuah penelitian, mengonsumsi empat porsi kubis mentah selama satu minggu dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara dibandingkan dengan mereka yang hanya mengonsumsi dua porsi.

Wah, jadi kamu tim mana nih? Tim gemar makan kubis mentah atau fermentasi?

Berita Terkait

Berita Terkini