Info

Bangun Tidur Muka Bagai Kilang Minyak? Nih Penyebabnya

Salah satu penyebab muka berminyak saat bangun tidur adalah kondisi hormon.

Stephanus Aranditio | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi tidur.
Ilustrasi tidur.

Himedik.com - Kaget karena muka bagai kilang minyak ketika bangun tidur? Tak perlu kesal karena bukan kamu seorang yang mengalaminya.

Sebenarnya ada banyak hal yang menjadi penyebab mengapa muka berminyak saat bangun tidur, salah satunya adalah kondisi hormon. Kadar hormon yang meningkat di malam hari akan merangsang kelenjar minyak di kulit memproduksi minyak lebih banyak.

Apalagi jika kamu sedang stres, menstruasi, atau cuaca lembap, maka produksi minyak akan meningkat. Pasalnya menurut seorang pakar dermatologist bernama Josua Ziechner, MD, mengatakan bahwa cuaca hangat dan lembap akan membuat produksi minyak meningkat.  Hal ini juga berlaku ketika menstruasi.

Kondisi lainnya adalah terlalu 'lebay' membersihkan wajah. Saking penginnya wajah kinclong, beberapa orang malah terlalu sering membersihkan wajahnya. Padahal hal itu memicu wajah menjadi berminyak.

ilustrasi membersihkan wajah (shutterstock)
ilustrasi membersihkan wajah (shutterstock)

Hal ini terjadi karena mencuci muka akan membuang minyak di kulit. Sementara itu kelenjar minyak akan mendeteksi bahwa kulit kekurangan minyak sehingga produksi minyak meningkat.

Hal tersebut juga berlaku jika kondisi kulit terlalu kering. Semalaman kelenjar minyak akan memproduksi minyak supaya kulit tidak makin kering.

Jadi, tak perlu khawatir kalau bangun tidur wajah berminyak. Itu wajar kok. Untuk pencegahannya kamu cukup hindari hal-hal yang menjadi pemicunya.

Berita Terkait

Berita Terkini