Info

Salah Telan Gigi Palsu, Pria Ini Baru Bisa Makan Setelah 3 Tahun

Gigi palsu yang tertelan bahkan menyebabkan luka dan lubang pada beberapa lipatan kerongkongannya.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Hasil rontgen. (dailymail)
Hasil rontgen. (dailymail)

Himedik.com - Seorang pria asal Calcuta, India akhirnya bisa makan untuk pertama kalinya dalam tiga tahun setelah tidak sengaja menelan gigi palsunya.

Deepak Nandi (46) terpaksa makan melalui tabung setelah gigi palsunya merusak saluran makanannya dan membuatnya tidak bisa menelan.

Hal ini juga menyebabkan dia meneteskan air liur. Awalnya keluarganya curiga ketika dia menolak makan di depan mereka. 

Saudaranya Narayan Chandra Nandi, mengatakan ''Pada tahun 2015 dia pulang ke rumah dan mengatakan bahwa dia memiliki kesulitan menelan di tenggorokannya.

Dia mengeluh sakit di tenggorokannya dan menolak makan. Dia juga tidak memberi tahu kami apa yang terjadi sampai kami memaksanya berbicara.

Nandi kemudian mengatakan bahwa dia menelan dua gigi saat makan. Dia memiliki dua gigi palsu di rahang bawahnya dan secara tidak sengaja menelannya.

Nandi yang tinggal bersama kedua kakak laki-laki dan ibunya ini akhirnya bisa menjalani operasi yang memperluas kerongkongannya dan sekarang bisa menikmati makanan.

Jahitan bekas operasi pada kerongkongannya. (dailymail)
Jahitan bekas operasi pada kerongkongannya. (dailymail)

Saudaranya menceritakan, ''Saya membawanya ke dokter spesialis THT, tetapi setelah diperiksa, dokter mengatakan gigi palsu itu terjebak dalam posisi yang rumit dan merekomendasikan kami untuk mencari bantuan dari spesialis di rumah sakit pemerintah.

Hasil rontgen. (dailymail)
Hasil rontgen. (dailymail)

Nandi pun dibawa ke Radha Gobinda Kar Medical College and Hospital. Setelah melakukan endoskopi dan X-ray pada kerongkongannya, dokter mengungkapkan dia menderita fistula.

Ini adalah koneksi abnormal yang terjadi antara dua ruang hampa, seperti pembuluh darah. Ini bisa disebabkan oleh cedera, operasi atau infeksi.

Nandi bersama keluarganya. (dailymail)
Nandi bersama keluarganya. (dailymail)

Untuk menutup fistula, petugas medis pun melakukan bedah rekonstruktif.

''Setelah operasi, kami mengetahui gigi palsu telah menyebabkan kerusakan parah pada kerongkongannya dan ada lubang di beberapa lipatan,'' kata salah seorang tim medis.

Akibat hal ini, dia bahkan menutup tokonya karena bahkan ketika berbicara pun air liur mengalir dari mulutnya. Untungnya saat ini, Nandi sudah bisa makan dan berbicara seperti biasanya.

Berita Terkait

Berita Terkini