Info

Survei: Orang Indonesia Baru Terapkan Gaya Hidup di Sehat Usia 40

Survei menyebutkan 6 dari 10 masyarakat Indonesia menganggap usia 40 tahun adalah waktu yang tepat untuk memulai gaya hidup sehat, benarkah?

Rauhanda Riyantama

Survei Herbalife sebut orang Indonesia baru mulai hidup sehat di usia 40 tahun. (Suara.com/Firsta Nodia)
Survei Herbalife sebut orang Indonesia baru mulai hidup sehat di usia 40 tahun. (Suara.com/Firsta Nodia)

Himedik.com - Bicara gaya hidup sehat memang sebaiknya dimulai sejak dini agar di masa tua nanti tinggal menikmatinya. Tapi uniknya, hasil survei menyebutkan orang Indonesia justru baru memulai gaya hidup sehat saat memasuki usia paruh baya.

Survei yang dilakukan oleh Asia Pacific Healthy Aging Survey yang dirilis Herbalife Nutrition menemukan fakta menarik mengenai konsep menua bagi konsumen di Asia Pasifik, tak terkecuali Indonesia. Salah satu faktanya menyebutkan, 6 dari 10 masyarakat Indonesia menganggap usia 40 tahun adalah waktu yang tepat untuk memulai gaya hidup sehat.

"63 persen menyatakan usia 40-45 tahun adalah rentang usia yang tepat untuk memulai gaya hidup sehat. Sementara 13 persen lainnya mengatakan usia 46-50 tahun merupakan usia yang tepat dan 12 persen mengatakan usia 51-55 tahun usia yang tepat untuk menyiapkan diri menua dengan sehat," ujar Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi, seperti dilansir dari Suara.com, Selasa (30/10/2018).

Andam menambahkan, survei ini dilakukan selama Agustus 2018 yang melibatkan sekitar 5.500 responden berusia 40 tahun ke atas di 11 negara seperti Australia, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. Survei ini dilakukan untuk memahami arti menua dengan sehat bagi konsumen di Asia Pasifik.

"Selain itu, survei ini ditujukan untuk memahami langkah apa yang telah diambil dan hal apa saja yang berpengaruh dalam menghadapi fase penuaan yang sehat seiring bertambahnya usia bagi masyarakat di Asia Pasifik," imbuhnya.

Survei ini juga menunjukkan mayoritas dari responden Indonesia yakni mencapai 70 persen meyakini bahwa arti dari menua dengan sehat adalah jika tidak mengalami penyakit kronis dan akut. 69 persen responden juga menyatakan menua dengan sehat berarti tidak menjadi beban keluarga di masa tuanya.

Andam mengungkapkan, temuan yang cukup menggembirakan adalah mayoritas responden di Indonesia, yakni 71 persen, percaya bahwa mengambil langkah seperti perubahan gaya hidup sehat akan membantu mereka dalam menghadapi usia senja dalam kondisi sehat. Bahkan, 90 persen responden Indonesia mengatakan mereka sadar akan pentingnya mengubah pola hidup dalam menghadapi penuaan.

"Di Herbalife Nutrition, kami juga mempercayai bahwa sangat banyak manfaat yang akan kita dapat jika kita secara aktif menerapkan gaya hidup sehat, termasuk menjaga asupan akan nutrisi seimbang yang diimbangi dengan aktifitas fisik sekaligus akan memberi manfaat pada kesehatan kita dalam jangka panjang," jelas Andam.

Dalam kesempatan yang sama, Prof Garry Small, Ahli Kesehatan Otak dan Penuaan di The University of California, Los Angeles (UCLA) mengatakan bahwa sebaiknya perubahan pola hidup untuk menua dengan sehat dimulai sejak usia dini. Seseorang harus menjaga nutrisi yang diasupnya dan menjalani aktivitas fisik untuk tetap sehat dan bugar di usia tua.

"Hidup sehat sebaiknya dimulai sejak anak-anak. Tapi saya tekankan tidak ada kata terlambat untuk memulai gaya hidup sehat. Studi menunjukkan kalau kita bisa menurunkan berat badan maka ada kemungkinan fungsi kognitif kita akan naik dan terhindar dari kepikunan ketika tua," tutup Prof Garry.

 

Artikel terkait dimuat Suara.com dengan judul: Survei: Orang Indonesia Baru Mulai Hidup Sehat di Usia 40 Tahun

Berita Terkait

Berita Terkini