Info

Mau Ginjal Lebih Sehat? Yuk, Konsumsi Enam Buah Ini

Buah-buah ini selain murah juga mudah ditemukan

Stephanus Aranditio | Yuliana Sere

Ilustrasi ginjal. (shutterstock)
Ilustrasi ginjal. (shutterstock)

Himedik.com - Penyakit ginjal menjadi salah satu penyakit berisiko tinggi yang bisa menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan cepat. Semua orang bisa berisiko mengalami penyakit ginjal terutama mereka yang sudah berusia di atas 19 tahun. 

Organ sebesar kepalan tangan ini punya tugas penting yakni mencuci darah setiap saat tanpa henti. Untuk mendukung tugasnya, kita harus selalu sadar bahwa air putih adalah satu dari sekian faktor penting untuk kesehatann ginjal.

Di lain sisi, buah-buahan juga bisa membantu ginjal menjalankan tugasnya dengan maksimal. Beberapa buah di bawah ini bisa membantu menjaga kesehatan ginjal.

1. Nanas

Nanas mengandung serat, vitamin B, mangan dan bromelain yang bisa mengurangi peradangan. Ini sangat membantu bagi mereka yang memiliki masalah ginjal.

2. Semangka

Buah yang mengandung banyak air ini kaya akan antioksidan yang bisa mencegah ginjal dari peradangan serta mengatasi radikal bebas. Namun bagi kamu yang sudah mengalami gangguan ginjal, disarankan agar berkonsultasi dahulu pada dokter sebelum mengonsumsi buah ini dalam jumlah banyak.

3. Lemon

Mengonsumsi air lemon setiap pagi dan menjelang makan siang bisa membuat ginjal makin sehat. Air lemon juga mengandung banyak vitamin C yang sekaligus bisa meningkatkan sistem imun.

Lemon/pexels
Lemon/pexels

4. Stroberi

Selain ketiga buah di atas, stroberi menjadi pilihan lain untuk menyehatkan ginjal. Stroberi memiliki kandungan vitamin C, mangan dan serat sehingga baik untuk anti peradangan pada ginjal.

5. Anggur merah

Memiliki fungsi yang sama, anggur merah juga mampu melindungi ginjal dari peradangan. Pasalnya buah ini mengandung vitamin C dan antioksidan.

6. Apel

Buah dengan harga yang relatif murah ini mampu mencegah konstipasi, mengurangi risiko kanker, serta menurunkan kolesterol. Selain itu buah ini juga mampu sebagai anti peradangan.

Mau ginjal sehat? Yuk rajin konsumsi buah-buah di atas.

Berita Terkait

Berita Terkini