Info

Penting! Bersihkan Empat Ruang Rumah Ini Setelah Sakit

Kuman dan virus penyebab penyakit bisa saja tertinggal dalam rumah, maka dari itu harus dimusnahkan.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi alat pembersih. (pixabay/pixaline)
Ilustrasi alat pembersih. (pixabay/pixaline)

Himedik.com - Usai sembuh dari sakit, ada kemungkinan bakteri atau virus penyebab penyakit masih tertinggal di suatu tempat. Contohnya adalah virus flu yang bisa hidup selama 24 jam. Serta norovirus, penyebab umum dari gangguan perut, yang dapat bertahan hidup selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu, dan keduanya sangat menular.

Untuk itu kamu perlu membersihkan seluruh ruangan rumah supaya kuman yang tertinggal musnah dan penyakit tak datang lagi.

Kamar Mandi

Kamar mandi penuh dengan kuman. Setelah sembuh dari penyakit maupun ketika keluarga sakit bersihkan kamar mandi dengan disinfektan yang dicampur dengan pemutih pakaian dan air panas. Bersihkan pula tuas toilet, keran shower, gagang kabinet, gagang pintu, dan sakelar lampu.

Dapur

Virus penyebab gangguan pada perut akan lebih mudah masuk melalui makanan. 18 partikel norovirus sudah lebih dari cukup membuat kamu sakit.

Oleh sebab itu, kalau kamu sakit jangan memasak sampai gejala penyakit hilang setidaknya dalam kurun waktu 48 jam. Selain itu, bersihkan semua barang yang kamu sentuh dan semua peralatan dapur.

Kamar Tidur

Kalau kamu diare atau muntah, segera cuci pakaian kotor, seprai kotor, serta mainan yang biasanya ada di ranjang seperti boneka. Bila memungkinkan, cuci dengan pemutih nonklorin dan rendam dalam air panas, dan keringkan dengan suhu paling panas.

Bersihkan juga tempat tidur termasuk semua barang yang berada dalam kamar terutama yang bisa menjadi sarang kuman.

Ruang Keluarga

Sadarilah bahwa kuman penyebab flu menyebar lewat udara dan orang yang menghirupnya tentu saja bisa tertular. Untuk itu selalu bersihkan ruang keluarga termasuk benda-benda di dalamnya seperti remot TV, karpet, sofa, dan lain sebagainya.

Satu lagi, kalau memungkinkan bersihkan peralatan dengan menggunakan desinfektan atau pemutih ya. Pasalnya CDC (Centers for Disease Control and Prevention) merekomendasikan pemutih untuk membunuh norovirus yaitu penyebab gangguan pada perut.

Berita Terkait

Berita Terkini