Info

5 Makanan yang Bantu Turunkan Tekanan Darah, Nomor 2 Enak tuh

Cara yang biasanya disarankan dokter untuk mengontrol tekanan darah adalah DASH.

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Sayuran. (pixabay/sponchia)
Sayuran. (pixabay/sponchia)

Himedik.com - Salah satu cara yang biasanya disarankan dokter untuk mengontrol tekanan darah adalah DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension). DASH merupakan pola makan dengan mengurangi garam, konsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, ikan, unggas, dan susu rendah lemak. Berikut beberapa yang disarankan.

1. Ikan

Ikan yang berminyak seperti mackerel dan sarden mengandung omega-3, yaitu asam lemak yang baik untuk kesehatan jantung. Bahkan penelitian menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan dapat menurunkan tekanan darah, terutama jika tekanan darah sedang naik.

2. Yoghurt

Kalsium dalam yoghurt berperan penting dalam mengontrol tekanan darah karena membantu pembuluh darah mengencang dan mengendur pada waktu yang seharusnya. Pilihlah yoghurt rendah lemak karena tidak terlalu banyak mengandung gula serta lemak.

Ilustrasi greek yoghurt. (pixabay)
Ilustrasi yoghurt rendah lemak. (pixabay)

3. Sayuran berdaun hijau

Garam membuat tubuh menimbun banyak cairan. Hal tersebut membuat darah menumpuk dan menekan arteri. Akibatnya tekanan darah naik.

Untuk mengatasinya makanlah sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kale, atau sawi sebagai sumber potasium. Mineral tersebut membantu mengusir natrium (garam) keluar dari tubuh melalui urin serta melemaskan dinding pembuluh darah.

4. Oatmeal

Tak hanya rendah sodium, tapi gandum utuh juga menyehatkan dan mengenyangkan. Makanan ini juga tinggi serat, yang membantu menjaga berat badan dan mengontrol tekanan darah.

5. Bawang putih

Selalu ada di dapur, kamu bisa santap rempah ini kapan saja. Konsumsi bawang putih akan meningkatkan kadar oksida nitrat yang berperan dalam melebarkan pembuluh darah.

Semakin rileks pembuluh darah, semakin ringan jantung bekerja dan hal itu dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Itulah lima makanan yang dapat bantu turunkan tekanan darah. Dari kelimanya, kamu sudah pernah coba yang mana nih, atau malah belum pernah sama sekali?

Berita Terkait

Berita Terkini