Info

Wajib Tahu, Berikut Empat Jenis Kelainan Kulit

Dikenal dengan istilah psoriasis, merupakan pertumbuhan sel kulit baru yang sangat cepat sehingga menumpuk di permukaan kulit.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Contoh psoriasis. (pixabay/hans)
Contoh psoriasis. (pixabay/hans)

Himedik.com - Semua orang terutama wanita pasti menginginkan kulitnya sehat dan cantik tanpa ada masalah sedikit pun. Sayangnya, kamu wajib waspada nih karena beragam jenis kelainan kulit berikut bisa membuat tampilanmu menjadi tak cantik.

Dikenal dengan istilah psoriasis, penyakit autoimun ini merupakan kelainan kulit kronis yang disebabkan oleh pertumbuhan sel kulit baru yang terlalu cepat sehingga menumpuk di permukaan kulit. Akibatnya kulit menjadi bersisik, kemerahan, terasa gatal, dan nyeri.

1. Psoriasis Guttate

Dimulai pada masa anak-anak atau remaja, kelainan ini ditandai dengan adanya bintik-bintik merah kecil yang menyebar ke seluruh permukaan kulit.

2. Psoriasis Inverse

Sering ditemukan pada lipatan kulit seperti di belakang lutut, bawah payudara, ketiak, dan pangkal paha. Kondisi penampakan kulit tidak separah jenis psoriasis lainnya, tapi kelainan ini menyebabkan kulit lebih tipis dibanding daerah lain dan cukup sensitif.

Ilustrasi penyakit kulit. (pixabay/hans)
Ilustrasi penyakit kulit. (pixabay/hans)

 

3. Psoriasis plak

Paling umum dijumpai, jenis psoriasis ini memiliki tingkat keparahan dari ringan hingga sedang. Ditandai dengan penumpukan kulit yang menebal dengan warna putih keperakan (plak) di area tertentu, tetapi umumnya di siku dan lutut.

Mengenai pengobatan, semuanya disesuaikan dengan jenis psoriasis yang diderita. Maka dari itu segera lakukan pemeriksaan ke dokter jika menemui tanda-tanda penyakit. Semoga bermanfaat.

Berita Terkait

Berita Terkini