Info

6 Penyakit Jika Kamu Tidak Pakai Jaket Saat Berkendara Malam Hari

Ingat pakai jaket ya jika tidak mau mengidap penyakit ini.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Enam Penyakit Jika Tidak Pakai Jaket Saat Berkendara di Malam Hari. (unsplash)
Enam Penyakit Jika Tidak Pakai Jaket Saat Berkendara di Malam Hari. (unsplash)

Himedik.com - Memakai jaket saat malam hari sepertinya masih disepelekan banyak orang. Angin malam yang dingin kadang tidak membuat mereka merasa bahwa menggunakan jaket adalah sebuah hal yang penting.

Menggunakan jaket saat malam hari sebaiknya harus menjadi perhatian. Pasalnya, ada beberapa penyakit yang bisa kamu alami jika tidak menggunakan jaket.

1. Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)

Gejala yang muncul biasanya mulai dari sakit kepala, demam, batuk, flu dan badan terasa pegal-pegal. Kamu juga bisa mengalami sesak napas dan nyeri dada. Hati-hati, penyakit ini menular jadi ada baiknya kamu langsung konsultasi ke dokter.

2. Turunnya suhuh tubuh

Suhu dingin di malam hari bisa membuat suhu tubuhmu turun bahkan bisa menyebabkan penumpukan cairan di paru-paru.

3. Paru-paru basah

Ini menjadi salah satu penyakit yang paling umum terjadi. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus, bakteri atau jamur. Gejalanya terdiri dari telapak tangan dan kaki yang basah, batuk serta sesak napas.

4. Bronkitis

Jangan abaikan penggunaan jaket saat malam hari. Jika kamu jarang atau bahkan tidak pernah menggunakannya, maka lama kelamaan kamu bisa mengalami penyakit berbahaya ini.

Enam Penyakit Jika Tidak Pakai Jaket Saat Berkendara di Malam Hari. (unsplash)
Pesepeda motor. (unsplash)

5. Kanker paru-paru

Ini menjadi salah satu penyakit berbahaya yang bisa timbul jika kamu tidak menggunakan jaket saat malam hari khususnya saat berkendara. Gejala awal mungkin tidak terlihat namun tetap waspada dengan penyakit ini.

6. TBC

Paparan angin malam bisa membuatmu mengalami masalah pada paru-paru, salah satunya adalah TBC. Gejalanya adalah batuk berdarah, penurunan berat badan, nyeri dada serta menurunnya nafsu makan.

Jadi, ingat selalu untuk menggunakan jaket saat berkendara malam hari ya.

Berita Terkait

Berita Terkini