Info

Selain Rentan Kanker, Orang Bertubuh Tinggi Juga Rentan Kena DVT

DVT (Deep Vein Thrombosis) menyebabkan darah menggumpal.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

ilustrasi tubuh tinggi. (pixabay/Free-Photos)
ilustrasi tubuh tinggi. (pixabay/Free-Photos)

Himedik.com - Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of The Royal Society Battempted memaparkan bahwa orang yang bertubuh tinggi memiliki massa tubuh yang lebih besar sehingga banyak jaringan tubuh yang dapat bereplikasi menjadi sel jahat.

Menurut peneliti, setiap peningkatan tinggi badan sebesar 10 cm, maka risiko kanker juga turut meningkat sebanyak 10 persen. Namun, peneliti menemukan adanya perbedaan tingkat kanker antara laki-laki dan perempuan.

Nah, selain rentan kanker mereka yang bertubuh tinggi juga rentan terkena DVT (Deep Vein Thrombosis) yang menyebabkan darah menggumpal. Semakin tinggi badanmu, maka risiko terkena DVT semakin meningkat.

Ilustrasi tinggi badan. (pixabay/moteoo)
Ilustrasi tinggi badan. (pixabay/moteoo)

Hal ini terjadi karena orang yang lebih tinggi memiliki pembuluh darah di kaki yang lebih panjang sehingga memiliki permukaan pembuluh darah yang lebih luas.

Selain itu, pembuluh darah kaki pada orang tinggi lebih banyak menerima tekanan gravitasi. Akibatnya risiko aliran darah melambat atau bahkan berhenti menjadi meningkat dan hasilnya terjadi penggumpalan darah.

Wah, ternyata susah juga ya jadi orang tinggi. Namun, kamu tak perlu khawatir karena pola hidup sehat dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Berita Terkait

Berita Terkini