Info

Daftar Makanan yang Cocok untuk Penderita Pneumonia

Berkaca dari Stan Lee, pencipta komik Marvel yang meninggal karena pneumonia

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Daftar Makanan yang Cocok Untuk Penderita Pneumonia
Daftar Makanan yang Cocok Untuk Penderita Pneumonia

Himedik.com - Dunia kembali berduka, Stan Lee seorang tokoh pencipta komik Marvel meninggal dunia di usianya yang ke-95. Pria kelahiran New York itu diketahui mengidap pneumonia yang telah dideritanya selama satu tahun terakhir.

Setiap tahun, jutaan orang Amerika Serikat menderita pneumonia. Dilansir dari livestrong, perawatan paling tepat dan penting adalah istirahat.

Sementara makanan tidak menyebabkan atau menyembuhkan pneumonia, namun makanan yang sehat, seimbang dapat membantu memulihkan penyakit ini.

Berikut beberapa makanan yang cocok untuk penderita pneumonia.

1. Buah dan sayuran berwarna-warni

buah dan sayur (shutterstock)
buah dan sayur (shutterstock)

Buah dan sayuran adalah pemasok antioksidan teratas yang membantu tubuh melawan dan menyembuhkan infeksi dan penyakit. Meningkat asupan juga dapat membantu mencegah lebih banyak infeksi yang mungkin menyerang tubuh.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam "Gizi Kesehatan Masyarakat" pada tahun 2010 yang melibatkan 1.034 wanita menunjukkan wanita yang mengonsumsi makanan kaya buah dan sayuran cenderung kurang mengembangkan infeksi saluran pernapasan atas, seperti pneumonia, selama kehamilan.

Buah-buahan dan sayuran sangat kaya antioksidan, misalnya buah beri, jeruk, sayuran hijau gelap, labu dan tomat. Makan buah dan sayuran segar, dimasak atau ditambahkan ke makanan sehat lainnya, seperti sup dan smoothie.

2. Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian. (amazon)
Kacang-kacangan dan biji-bijian. (amazon)

Biji-bijian memberikan sejumlah karbohidrat serta sejumlah vitamin, mineral dan antioksidan.

Vitamin B dalam biji-bijian memainkan peran penting dalam produksi energi dan kontrol suhu tubuh. Ini penting ketika kamu merasa lelah dan demam.

Biji-bijian juga merupakan sumber selenium yang baik, mineral yang mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh. Contoh biji-bijian yang bergizi meliputi gandum, beras merah, quinoa, popcorn dan barley.

3. Makanan kaya protein

Sup ayam. (arwini.com)
Sup ayam. (arwini.com)

Protein memainkan peran penting dalam perbaikan jaringan dan fungsi kekebalan tubuh. Pilih sumber rendah lemak jenuh, seperti kacang, lentil, daging unggas tanpa kulit dan ikan.

Hindari sumber lemak jenuh, seperti daging merah dan olahan yang dapat meningkatkan peradangan. Ikan seperti salmon dan sarden menyediakan sejumlah besar protein dan lemak omega-3, lemak anti-peradangan yang dibutuhkan tubuh.

Penelitian yang dilakukan oleh Rennard Larson, seorang profesor kedokteran di bagian perawatan paru-paru dan perawatan kritis di University of Nebraska Medical Center, menunjukkan sup ayam dapat membantu meningkatkan hidrasi dan nutrisi dalam tubuh ketika kamu mengidap infeksi saluran pernafasan.

Ini juga dapat mengurangi peradangan sekaligus memberikan kenyamanan emosional dan fisik, dia mengatakan kepada University of Maryland Medical Center dalam wawancara yang dipublikasikan pada tahun 2012.

4. Cairan tambahan

Benarkah Susu Kedelai Bermanfaat Bagi Kesehatan?. (unsplash)
Benarkah Susu Kedelai Bermanfaat Bagi Kesehatan?. (unsplash)

Tetap terhidrasi dengan baik adalah aspek penting dari pemulihan pneumonia.

The University of Maryland Medical Center merekomendasikan minum 6 hingga 10 cangkir cairan, seperti air, jus per hari.

Meskipun masih kontroversial, banyak orang percaya bahwa produk susu meningkatkan produksi dahak. Jika susu memperburuk gejala, kamu disarankan minum kedelai atau susu almond sebagai gantinya.

Hindari minuman beralkohol dan minuman berkafein tinggi, seperti minuman berenergi dan kopi yang dapat mengganggu istirahat.

Berita Terkait

Berita Terkini