Info

3 Penyebab Tekanan Darah Naik, Salah Satunya Kesepian

Perasaan sepi membuat tekanan darah naik.

Dany Garjito | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi cek tekanan darah. (pixabay/rawpixel)
Ilustrasi cek tekanan darah. (pixabay/rawpixel)

Himedik.com - Garam, alkohol, makanan tinggi kalori merupakan sedikit dari sekian banyak penyebab tekanan darah seseorang naik. Namun, tanpa diduga 3 hal berikut juga bisa sebabkan tekanan darah naik lho.

1. Terlalu banyak konsumsi gula

Dibandingkan garam, gula lebih berpengaruh dalam meningkatkan tekanan darah. Terutama dalam bentuk olahan seperti sirup jagung yang tinggi fruktosa. Orang-orang yang mengonsumsi makanan tinggi gula mengalami peningkatan tekanan darah yang signifikan. Baik itu pada tekanan sistolik maupun diastolik.

2. Kesepian

Siapa sangka kesepian bisa menjadi pemicu tekanan darah naik? Bukan hanya tentang jumlah teman, tapi kesepian yang dimaksud juga mengenai perasaan.

Ilustrasi stres (pixabay)
Ilustrasi kesepian. (pixabay)

 

Bahkan hal itu akan bertambah buruk seiring waktu. Para peneliti beranggapan bahwa ketakutan yang terus menerus akan penolakan, kekecewaan, lebih waspada tentang keselamatan, dan keamanan diri dapat mengubah cara kerja tubuh, sehingga menyebabkan tekanan darah naik.

3. Kekurangan kalium

Ginjal membutuhkan keseimbangan natrium dan kalium untuk menjaga jumlah cairan yang tepat dalam darah. Jadi, meskipun melakukan diet rendah garam, kamu masih bisa mengalami tekanan darah tinggi.

Maka dari itu imbangi dengan makan buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, susu rendah lemak, atau ikan. Sedangkan sumber kalium bisa didapatkan dari pisang, brokoli, bayam, dan sayuran hijau lainnya.

Itulah 3 hal yang tanpa kamu sadari juga bisa sebabkan tekanan darah naik. Semoga bermanfaat.

Berita Terkait

Berita Terkini