Info

Losartan, Obat Tekanan Darah Tinggi Ditarik karena Kontaminasi

Sebelumnya pada bulan Juli silam obat hipertensi valsartan ditarik karena terkontaminasi.

Dany Garjito | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi obat hipertensi. (pixabay/pexels)
Ilustrasi obat hipertensi. (pixabay/pexels)

Himedik.com - Perusahaan obat Sandoz mengatakan telah menarik satu lot losartan potassium hydrochlorothiazide tablet. Kontaminan, yang dikenal sebagai NDEA, ditemukan dalam bahan utama obat yang dibuat oleh Zhejiang Huahai Pharmaceutical Co. di China.

NDEA merupakan bahan kimia karsinogenik yang ditemukan secara alami dalam makanan tertentu, air minum, udara yang terpapar polusi, serta proses industri, dan menurut Badan Internasional Penelitian Kanker senyawa tersebut dapat menyebabkan kanker.

Obat yang ditarik teridentifikasi sebagai Losartan Potassium Hydrochlorothiazide, tablet 100-miligram dan 25-miligram, dan kemasan botol plastik berisi 1.000 butir; NDC (Kode Obat Nasional) 0781-5207-10; Lot number JB8912; dengan tanggal kedaluwarsa 06/2020. Produk ini didistribusikan secara nasional ke distributor mulai 8 Oktober.

Ilustrasi bahan kimia karsinogenik. (pixabay/qimono)
Ilustrasi bahan kimia karsinogenik. (pixabay/qimono)

Penarikan terbaru ini menyusul penarikan lima obat tekanan darah valsartan karena kemungkinan kontaminasi NDEA dan NDMA yang diumumkan sejak Juli lalu. NDMA (N-Nitrosodimethylamine) memiliki sifat sama seperti NDEA, yaitu bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker serta berbahaya bagi hati dan organ lainnya.

Sebaiknya waspada jika kamu pengguna losartan. Serta segera hubungi dokter jika menggunakan losartan karena pasien pengguna losartan harus terus meminumnya.

Berita Terkait

Berita Terkini