Info

Sedang Dilanda Kesedihan? Berikut 5 Kiat Agar Hidup Lebih Bahagia

Salah satunya tersenyum.

Dany Garjito | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi bahagia. (pixabay)
Ilustrasi bahagia. (pixabay)

Himedik.com - Bahagia diri sendiri yang ciptakan bukan orang lain. Namun, apakah kunci kebahagian itu? Sering kali orang tidak menemukan apa yang membuatnya bahagia padahal sudah bergelimang harta.

Dilansir dari laman doctoroz, berikut ada langkah-langkah sederhana yang dapat dilakukan supaya hidup lebih bahagia.

1. Kurangi kafein

Dalam beberapa kasus, kopi dapat meningkatkan kecemasan. Maka dari itu coba gantikan kopi dengan teh hijau.

Meski sama-sama mengandung kafein, tapi setidaknya hanya seperempat dari kadar kafein yang ditemukan dalam kopi. Terlebih teh hijau mengandung antioksidan kuat yang baik untuk kesehatan.

2. Dapatkan asupan vitamin D dari sinar matahari

Vitamin D meningkatkan serotonin yaitu hormon yang memengaruhi suasana hati. Selain itu vitamin D juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu melindungi dari kanker tertentu.

Cukup habiskan waktu selama 15 menit di bawah sinar matahari beberapa kali dalam seminggu. Jangan gunakan tabir surya karena akan mencegah tubuh mendapatkan vitamin D.

Namun, jika cuaca sedang tidak bersahabat, dapatkan vitamin D dari susu, kuning telur atau suplemen.

Susu sumber vitamin D. (pixabay)
Susu sumber vitamin D. (pixabay)

3. Melakukan kebaikan

Meskipun kecil dan sepele, lakukanlah. Dengan melakukan kebaikan bahkan hal kecil sekalipun, kamu akan melihat diri sendiri dan orang lain dengan lebih positif.

Pilih 1 hari dalam seminggu dan lakukan 3 kebaikan kecil. Penelitian menunjukkan bahwa tindakan tersebut memberikan dorongan yang lebih tahan lama kepada si pemberi daripada melakukannya secara acak.

4. Ucapkan terima kasih

Luangkan waktu untuk benar-benar menikmati hal-hal baik dalam hidupmu, hal-hal yang telah dilakukan orang lain untukmu, hal-hal yang telah kamu lakukan untuk orang lain, serta semua tindakan baik yang membuatmu tersenyum.

Ucapan terima kasih akan membantu kita untuk tidak menganggap remeh apa yang sudah kita atau orang lain lakukan.

5. Tersenyumlah

Bahkan ketika harimu sedang buruk, tersenyum akan membuatmu merasa lebih baik. Ketika tersenyum, tubuh akan mengirim sinyal ke otak yang mengisyaratkan bahwa dirimu bahagia.

Selain itu, tersenyum membuatmu tampak lebih ramah dan memberikan kebahagiaan kepada orang lain. Serta mereka yang melihat senyumanmu cenderung akan tersenyum kembali.

Itulah 5 kiat supaya hidup lebih bahagia. Jangan sedih lagi guys, hidup cuma sekali.

Berita Terkait

Berita Terkini