Info

Seberapa Jauh Kesibukan Dapat Mengancam Kesehatan? Ini Faktanya

Terlalu sibuk dapat mengancam kesehatan fisik dan mental.

Dany Garjito | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi sibuk. (pixabay)
Ilustrasi sibuk. (pixabay)

Himedik.com - Hidup untuk bekerja atau bekerja untuk hidup? Apapun itu terlalu sibuk bekerja hingga tak sempatkan olahraga dapat menyebabkan masalah serius terhadap kesehatan.

Hal ini karena olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah penyakit. Jika kamu hanya terpaku pada kursi kantor atau kendaraan sepanjang hari, dan tidak mengimbanginya dengan gerakan olahraga sederhana maka hal itu akan meningkatkan risiko terkena penyakit baik ringan maupun berat.

Tak hanya fisik, kondisi mental juga akan mengalami masalah. Orang yang memiliki kecanduan dalam bekerka cenderung mengalami depresi, kecemasan, hingga gangguan obsesif kompulsif.

Hal itu juga akan memicu hormon stres yang mana dapat merusak pembuluh darah. Akibatnya penumpukan plak meningkat sehingga arteri tersumbat. Hasilnya risiko terkena stroke, hipertensi, dan serangan jantung juga turut meningkat.

Ilustrasi stres. (pixabay)
Ilustrasi stres. (pixabay)

Selain itu ketika kamu bekerja terlalu keras (lembur misalnya), kelenjar adrenalin akan memicu produksi kortisol dan epinefrin. Yang mana keduanya merupakan hormon stres.

Nah, melihat fakta di atas apa kamu masih mau bekerja terus tanpa henti? Setidaknya luangkan waktu untuk berolahraga ringan di sela kesibukan. Jika memungkinkan lakukan juga medical check up rutin, supaya tahu benar kondisi kesehatan kamu.

Ingat, uang memang penting, tapi kesehatan lebih penting. 

Berita Terkait

Berita Terkini