Info

Selain Ginjal, Manusia Juga Masih Bisa Hidup Tanpa 4 Organ Ini

Manusia bisa hidup hanya dengan satu ginjal.

Angga Roni Priambodo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi ginjal. (pixabay/OpenClipart-Vectors)
Ilustrasi ginjal. (pixabay/OpenClipart-Vectors)

Himedik.com - Telah kita tahu, bahwa manusia mempunyai sepasang ginjal. Jika salah satu mengalami kerusakan dan harus diangkat, maka manusia masih bisa hidup hanya dengan satu ginjal.

Namun, selain ginjal ternyata ada organ lain lho yang kalau diangkat, tubuh manusia masih bisa baik-baik saja. Apa saja?

1. Usus buntu

Siapa pun pasti pernah mendengar tentang operasi usus buntu. Terletak di peralihan antara usus halus dengan usus besar, organ ini sering disebut sebagai umbai cacing.

Padahal sebenarnya, umbai cacing adalah struktur kecil mirip cacing yang ujungnya buntu dan terletak terletak di usus buntu. Masalahnya adalah ketika isi usus memasukinya, hal ini akan menyebabkan peradangan (apendisitis) pada umbai cacing karena zat yang masuk akan sulit untuk keluar lagi.

Akibatnya, umbai cacing harus dibuang, tapi masih bisa hidup normal seperti sebelumnya.

2. Organ reproduksi

Pernah mendengar operasi pengangkatan rahim atau testis? Itu nyata kok, dan mereka yang kehilangan rahim atau testisnya masih bisa hidup normal seperti biasanya.

Bahkan menurut penelitian, wanita yang ovariumnya diangkat tidak mengalami penurunan harapan hidup. Sedangkan pada beberapa pria, pengangkatan testis justru dapat meningkatkan harapan hidupnya.

Ilustrasi organ reproduksi wanita. (pixabay/LJNovaScotia)
Ilustrasi organ reproduksi wanita. (pixabay/LJNovaScotia)

3. Limpa 

Limpa berfungsi untuk mendaur ulang sel darah merah yang telah rusak dan menyimpan sel darah putih. Jika terdapat kerusakan pada limpa maka harus segera ditangani (termasuk diangkat) karena akan menyebabkan kebocoran darah yang dapat berakhir kematian.

Pada umumnya, limpa diangkat karena mengalami cedera. Meski demikian, mereka yang tidak memiliki limpa masih bisa hidup normal karena fungsinya bisa dilakukan oleh organ hati dan jaringan limfoid.

4. Kantong empedu

Kantong empedu terletak di bawah tulang rusuk. Fungsinya untuk menyimpan cairan empedu. Cairan empedu ini diproduksi oleh hati untuk mengurangi lemak.

Namun, kelebihan kolesterol dalam tubuh dapat menyebabkan terbentuknya batu empedu. Sehingga pada beberapa kasus, hal tersebut mengharuskan kantong empedu diangkat.

Operasi tersebut dikenal dengan istilah cholecystectomy dan cukup umum dilakukan. Bahkan di Inggris, sebanyak sekitar 70 ribu orang menjalani operasi tersebut.

Itulah 4 organ di mana manusia masih bisa hidup tanpanya. Meski demikian, bukan berarti organ tersebut tidak penting dan kamu harus selalu perhatikan kesehatannya.

Berita Terkait

Berita Terkini