Info

Wow! Ternyata Ada Organ yang Bisa Tumbuh Lagi Jika Rusak

Hati bisa beregenerasi jika mengalami kerusakan atau didonorkan.

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi hati. (pixabay/Elionas2)
Ilustrasi hati. (pixabay/Elionas2)

Himedik.com - Tubuh manusia memang sangat menakjubkan. Selain bisa tetap baik-baik saja tanpa adanya organ penting, ternyata ada juga organ yang bisa tumbuh lagi jika mengalami kerusakan. Tak percaya?

Organ itu adalah hati. Proses regenerasi hati bisa terjadi karena sel utama pembentuk organ hati (hepatosit) bisa menggandakan diri. Setelah itu, sel lainnya juga akan mengikuti dan memecah menjadi berbagai sel. Selanjutnya sel-sel baru tersebut membentuk struktur baru menyerupai organ hati manusia yang asli.

Bahkan menurut sejumlah penelitian membuktikan bahwa organ hati manusia bisa tumbuh lagi walaupun hanya memiliki 25 persen sisa organ yang masih berfungsi.

Meski demikian, regenerasi tersebut tidak akan sama persis seperti sebelumnya. Terutama kinerjanya, mungkin saja tidak sehebat organ asli.

Ilustrasi hati. (pixabay)
Ilustrasi hati. (pixabay/OpenClipart-Vectors)

Semuanya tergantung pada seberapa kuat pemecahan dan penggandaan sel-sel yang terjadi selama proses regenerasi hati karena hepatosit belum secanggih sel induk. Sayangnya, meski bisa tumbuh lagi regenerasi hati ini memiliki keterbatasan.

Jika kerusakan terlalu parah/berlebihan, maka sel hepatosit tidak bisa beregenerasi. Bukannya jaringan baru yang dibentuk dari hepatosit, yang tumbuh malah jaringan parut. Sehingga menyebabkan kegagalan fungsi hati (sirosis).

Maka dari itu, selalu jaga kesehatan ya karena hati berfungsi untuk membuang racun dalam tubuh sehingga sangat rentan mengalami kerusakan. Jika berhenti berfungsi, bukan tak mungkin manusia mati dalam hitungan detik.

Berita Terkait

Berita Terkini