Info

Mengenal Kunyit Putih, Rempah yang Mirip Jahe

Rasanya juga mirip jahe, tapi agak pahit.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Kunyit putih. (pinterest)
Kunyit putih. (pinterest)

Himedik.com - Memiliki nama ilmiah Curcuma Zedoaria, rempah satu ini memiliki kandungan yang berbeda dari kunyit kuning. Warnanya yang putih membuatnya terlihat seperti jahe.

Hampir semua bagian kunyit putih bisa digunakan untuk obat. Meski asli dari Indonesia dan India, banyak juga negara di Eropa, Asia, serta AS yang telah membudidayakannya.

Secara tekstur, kunyit putih lebih lunak dari kunyit kuning dan rasanya sangat mirip jahe. Maka dari itu tak heran jika banyak masakan yang menggantikan rempah satu ini dengan jahe.

Manfaat kunyit putih tak kalah banyak dari saudaranya si kuning. Menurut sebuah penelitian, ekstrak kunyit putih terbukti dapat melawan beberapa spesies bakteri penyebab penyakit.

Kunyit putih. (pinterest)
Kunyit putih. (pinterest)

 

Kunyit bersifat analgesik karena mengandung senyawa yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit. Bahkan efeknya lebih baik daripada aspirin yaitu obat untuk meredakan rasa nyeri dan bengkak.

Tak hanya itu, rempah mirip jahe ini juga bisa digunakan sebagai obat alergi alami. Ia mengandung senyawa curcuminoids yang bermanfaat sebagai anti-alergi dan terbukti dapat mengatasi gejala reaksi alergi pada kulit.

Cara kerjanya mirip seperti antihistamin yaitu menghambat aktivitas protein penyebab peradangan serta mencegah pelepasan zat kimia yang memicu reaksi alergi (histamin). Gimana, tertarik mencoba konsumsi kunyit putih?

Berita Terkait

Berita Terkini