Info

Empat Hal yang Harus Dilakukan Ketika Teman Depresi

Cukup dengarkan dan pahami perasaannya.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi depresi. (pixabay)
Ilustrasi depresi. (pixabay)

Himedik.com - Tidak ada orang yang menginginkan hidup dengan banyak masalah hingga mengakibatkan depresi. Bagi mereka yang belum pernah merasakan depresi, mungkin akan mudah menasehati teman atau orang terdekat untuk tidak terlalu memikirkan permasalahan yang sedang dialami.

Nah, jika memang kamu benar-benar ingin membantu teman yang sedang depresi, jangan lakukan hal itu. Sebaiknya lakukan beberapa hal berikut untuk meringankan bebannya.

1. Dengarkan dan pahami

Orang yang sedang depresi hanya butuh didengarkan. Mereka hanya butuh pendengar untuk melampiaskan semua yang sedang dipikirkan, dirasakan, dan semua hal yang membuatnya tertekan.

Cobalah memahami apa yang dia rasakan karena ketika seseorang deprsei, ia akan merasa sedih, putus asa, dan menganggap semuanya tidak penting. Namun, ketika mereka memiliki seseorang yang bisa memahami dan berempati, ia akan merasa dihargai.

2. Tawarkan bantuan

Tanyakan pada temanmu yang sedang depresi, apa yang bisa kamu lakukan untuknya. Pasalnya penderita kerap merasa lelah dengan rutinitas harian seperti memasak, mencuci piring, atau pergi ke psikiater.

Namun, jangan perlakukan mereka seolah tidak bisa apa-apa karena depresinya. Tujuan membantu adalah untuk memberi mereka semangat. Jadi, hindari juga bahasa yang terkesan membuat mereka merasa lemah.

Ilustrasi stres (pixabay)
Ilustrasi depresi. (pixabay)

3. Temanilah

Orang depresi cenderung menarik diri dari lingkungan termasuk teman. Jika temanmu seperti itu, cobalah untuk selalu ada di sisinya. Tak perlu datang ke rumah, kamu bisa mengiriminya pesan teks atau chat.

Jika ada waktu luang, sesekali sempatkan datang ke rumahnya dan menonton film bersama di kamarnya karena itu adalah tindakan yang lebih baik.

4. Berikan ruang

Terkadang mereka membutuhkan waktu sendiri untuk mengontrol emosi dan pikiran. Jadi, jika mereka memintamu memberikan waktu untuk sendiri dulu, hormatilah keputusannya.

Biarkan dia menyendiri, tapi katakan padanya bahwa kamu akan selalu menunggu kabar darinya.

Depresi merupakan penyakit mental. Jangan remehkan karena setiap orang memiliki kondisi psikis yang berbeda.

Berita Terkait

Berita Terkini