Info

Sering Bersendawa? Mungkin Anda Ada Masalah Kesehatan Ini

Perhatikan tanda kesehatan ini.

Stephanus Aranditio | Yuliana Sere

ilustrasi sendawa (shutterstock)
ilustrasi sendawa (shutterstock)

Himedik.com - Sendawa akan terasa wajar jika kamu baru selesai makan. Bersendawa sebenarnya adalah cara tubuh untuk mengeluarkan gas atau udara dari perut.

Udara ini berasal dari makanan atau minuman yang kita makan. Bahkan ketika kamu berbicara pun udara dapat masuk ke tubuh.

Bersendawa merupakan kondisi yang wajar terjadi pada tubuh sehingga hal ini sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan. Namun jika terjadi berulang dan di waktu yang bukan seharusnya, maka perlu diwaspadai.

Ini bisa menandakan kamu mengalami masalah kesehatan. Dilansir dari webmd, sendawa yang berlebihan bisa mengindikasikan gastroesophageal reflux disease (GERD).

Penyakit ini sering disebut asam lambung. Sendawa yang terlalu sering disebabkan oleh tingkat asam lambung yang tinggi yang membuat gas naik ke kerongkongan.

Ilustrasi sendawa. (pixabay/derneuemann)
Ilustrasi sendawa. (pixabay/derneuemann)

Selain itu, kamu juga bisa terkena masalah dispepsia. Ini ditandai dengan mual, kembung serta nyeri perut atas. Kadang rasa sakit ini juga bisa menjalar hingga ke dada.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa terkena infeksi helicobacter pylori. Ini merupakan bakteri yang bisa membuat kamu mengalami kanker perut serta bisul.

Kemungkinan masalah kesehatan yang bisa kamu alami jika bersendawa terus menerus adalah iritasi pada usus atau irritable bowel syndrome (IBS).

Gejala kondisi ini antara lain sembelit, kembung dan sendawa berulang. Segera periksakan dirimu ke dokter jika bersendawa yang terlalu sering.

Berita Terkait

Berita Terkini