Info

Ngeri, Ada Benda Mirip Rambut Keluar dari Tubuh Belalang

Warnanya hitam panjang seperti rambut dan menjalar keluar.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Belalang. (pixabay/WikiImages)
Belalang. (pixabay/WikiImages)

Himedik.com - Belalang dikenal sebagai salah satu makanan berprotein tinggi. Beberapa manfaatnya yaitu dapat menurunkan kolesterol serta dapat membantu menjaga kepadatan tulang dan gigi.

Namun, di balik menakjubkannya nutrisi di dalam daging belalang ternyata ada fakta lain yang tak kalah mengejutkan. Serangga satu ini rawan terinfeksi cacing bulu kuda.

Selain belalang sembah, cacing bulu kuda juga kerap menginfeksi jangkrik, kecoa, dan kumbang. Klik di sini untuk melihat video lengkap cacing bulu kuda keluar dari tubuh belalang yang sudah mati.

Cacing bulu kuda keluar dari tubuh belalang. (twitter/@hati2dimedsos)
Cacing bulu kuda keluar dari tubuh belalang. (twitter/@hati2dimedsos)

Berdasarkan penelitian pada tahun 2005 yang dilakukan di Prancis, larva cacing masuk ke dalam tubung belalang melalui air yang diminumnya. Setelah masuk, semua bagian tubuh belalang kecuali kepala dan kaki, akan dikuasai oleh cacing tersebut dan mengubahnya menjadi zombie hidup.

Ketika cacing sudah semakin dewasa, ia akan mengeluarkan protein. Protein tersebut akan bereaksi dengan saraf utama serangga sehingga membuatnya terhipnotis dan menceburkan diri ke air.

Saat itulah cacing bulu kuda keluar dari tubuh serangga dengan ukuran yang bisa mencapai 50 cm. Namun, tak perlu khawatir karena menurut pakar kesehatan cacing tersebut tidak membahayakan kesehatan manusia.

Lagipula jenis belalang yang kerap terinfeksi cacing bulu kuda adalah belalang sembah bukan belalang kayu yang biasanya dijadikan olahan makanan. Jadi, tak perlu khawatir kalau kamu pencinta olahan belalang.

Berita Terkait

Berita Terkini