Info

Empat Tanda Kekurangan Vitamin B12, Salah Satunya Sariawan

Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan sariawan.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Telur sumber vitamin B12. (pixabay)
Telur sumber vitamin B12. (pixabay)

Himedik.com - Vitamin merupakan nutrisi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Nutrisi ini terdapat dalam berbagai bahan makanan dan juga tersedia dalam bentuk suplemen.

Ada 6 jenis vitamin yang diperlukan tubuh yaitu A, B, C, D, E, dan K. Sedangkan vitamin B terbagi lagi menjadi delapan yaitu vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12.

Masing-masing memiliki manfaat berbeda. Sebagai contoh, manfaat vitamin B12 atau kobalamin adalah mengubah makanan menjadi energi. Nah, jika tubuh kekurangan vitamin B12, berikut gejala yang akan muncul.

1. Kedinginan

Vitamin B12 memainkan peran penting dalam produksi sel darah merah. Jika kadarnya dalam tubuh kurang maka akan berpengaruh pada jumlah sel darah merah yang mana berperan dalam membawa oksigen dan mengedarkannya ke seluruh tubuh.

Akibatnya tubuh merasa kedinginan terutama di tangan dan kaki.

2. Mudah lelah

Kekurangan vitamin B12 juga akan membuat otot-otot menjadi lemah. Tubuh juga menjadi mudah lelah dan pusing. Segera periksa ke dokter jika kamu mengalami gejala ini.

Ilustrasi pusing. (pixabay)
Ilustrasi pusing. (pixabay)

3. Sariawan

Sariawan yang muncul di gusi atau lidah bisa menjadi tanda kekurangan vitamin B12, anemia, atau kondisi lain. Sariawan biasanya sembuh dengan sendirinya, tetapi menghindari makanan tertentu seperti cuka, jeruk, dan cabai akan mempercepat proses penyembuhan.

4. Sembelit

Umumnya susah buang air besar (sembelit) disebabkan oleh kurangnya serat. Namun, kekurangan vitamin B12 juga menimbulkan tanda yang sama.

Itulah empat tanda kekurangan vitamin B12. Pastikan periksa ke dokter karena tanda yang muncul mungkin saja adalah gejala penyakit lain.

Berita Terkait

Berita Terkini