Info

Kesulitan Pipis di Toilet Umum? Mungkin Kamu Alami Ini

Pernahkah kamu mengalami ini?

Dany Garjito | Yuliana Sere

Ilustrasi Toilet. (unsplash/@Mike Wilson)
Ilustrasi Toilet. (unsplash/@Mike Wilson)

Himedik.com - Pipis di toilet umum mungkin menjadi perjuangan bagi sebagian orang. Ada yang merasa tidak tahan dengan kondisi toilet yang kotor atau mungkin karena banyaknya orang di sekitar toilet.

Jika kamu satu di antara orang-orang ini, maka bisa jadi kamu mengalami sindrom kandung kemih pemalu atau paruresis.

Sebanyak 22% orang di seluruh dunia mengidap sindrom ini, begitu kata CEO International Paruresis Association, Steven Soifer.

Soifer menjelaskan kondisi paruresis membuat seseorang tidak mampu mengeluarkan urin ketika berada di toilet umum.

Meski mereka telah mengonsumsi banyak air, urin mereka tidak akan keluar ketika muncul perasaan ingin buang air kecil.

Toilet/unsplash
Toilet/unsplash

Tentu ini bisa menimbulkan berbagai penyakit jika menahan buang air kecil dilakukan terus-menerus. Misalnya infeksi saluran kencing dan batu ginjal.

Satu ciri orang yang mengalami kondisi paruresis adalah mereka selalu mengkhawatirkan di mana mereka harus buang air kecil jika mereka sedang bepergian.

Selain itu Soifer juga mengatakan mereka yang menderita kondisi ini paling sering adalah yang pernah mengalami trauma seputar toilet. Misalnya mengalami bullying atau melihat sesuatu yang mengganggu di toilet.

Bisa juga mereka yang baru selesai operasi mengalami kondisi ini. Pasalnya perawat akan mengantar dan menunggu di toilet.

Menurutnya, pria lebih sering mengalami kondisi ini dilihat dari kondisi kamar mandi pria yang lebih terbuka daripada wanita.

Untuk pengobatannya masih terbatas. Beberapa studi mengatakan jika penderita harus menjalani terapi agar pemicunya berkurang.

Berita Terkait

Berita Terkini