Info

Manfaat Minyak Kelapa untuk Kulit, Eitss Tak Cocok untuk Wajah

Meski bermanfaat, tapi minyak kelapa tak cocok untuk kulit wajah.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi minyak kelapa. (pixabay/moho01)
Ilustrasi minyak kelapa. (pixabay/moho01)

Himedik.com - Meskipun belum ada cukup bukti bahwa mengonsumsi minyak kelapa dapat memberi manfaat untuk kulit. Namun, riset menunjukkan bahwa mengoleskannya pada kulit dapat memberikan manfaat tersendiri karena minyak kelapa menenangkan dan melembutkan kulit.

Minyak kelapa merupakan hasil ekstrak dari biji pohon palem yang mana kaya akan asam lemak bebas. Menurut penelitian, senyawa tersebut dapat meningkatkan hidrasi kulit, mengurangi gatal, ruam, mengatasi masalah kulit kering, dan eksim.

Selain itu, asam lemak tersebut juga dapat mengurangi kuman yang hidup di kulit (termasuk Staph aureus). Penelitian pada bayi prematur dan anak-anak dengan eksim ringan hingga sedang menunjukkan bahwa menggunakan sebanyak dua kali sehari minyak kelapa murni mengurangi tingkat keparahan penyakit kulit, meningkatkan kemampuan kulit untuk mempertahankan kelembapan, dan meningkatkan fungsi perlindungan kulit.

Bahkan dalam studi yang membandingkan minyak kelapa murni dengan minyak zaitun murni atau minyak mineral, menghasilkan bahwa minyak kelapa murni lebih unggul dari minyak lain sebagai pelembap, pembasmi kuman alami, dan bahan yang menenangkan.

Sayangnya, minyak kelapa tidak cukup untuk mengendalikan gatal dan ruam. Banyak dermatologis mempertimbangkan salep polos (seperti petroleum jelly atau Aquaphor) dan krim tebal yang tidak beraroma untuk menjadi pelembap yang lebih efektif.

Perlu diketahui juga, minyak kelapa bersifat komedogenik. Artinya, minyak kelapa dapat menyumbat pori-pori dan memperparah jerawat, sehingga tidak boleh digunakan di daerah yang cenderung mudah terkena jerawat yaitu wajah.

Berita Terkait

Berita Terkini