Info

Salut! Petugas Pemadam Kebakaran Sumbang Ginjal pada Orang Asing

Sungguh mulia sekali, hatinya terbuat dari apa ya?

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi ginjal. (pixabay/OpenClipart-Vectors)
Ilustrasi ginjal. (pixabay/OpenClipart-Vectors)

Himedik.com - Seorang petugas pemadam kebakaran Edgewater bernama David Blair (41) mendonorkan ginjalnya pada orang yang tak dikenalnya. Blair merasa tergerak hatinya usai melihat postingan media sosial Garry Hughes yang mencari donor ginjal untuk putrinya, Heidi Hughes.

Blair lantas mengambil formulir transplantasi organ dari situs web rumah sakit. Kemudian ia menjalani serangkain tes tindak lanjut.

Akhirnya pada tanggal 15 November 2018 silam, Heidi Hughes (33) menjalani operasi transplantasi ginjal dari Blair di Duke University Hospital, Durham, Carolina Utara. Operasinya berjalan lancar dan tak lama Blair diperbolehkan pulang setelah kondisinya dinyatakan pulih.

Heidi Hughes yang berasal dari Breckenridge, Colorado, bersyukur dan mengatakan akan merawat 'hadiah' pemberian Blair dengan baik. Namun, itu bukan transplantasi ginjal pertamanya. Sebelumnya, tepatnya 16 tahun yang lalu ayahnya telah memberikan satu ginjal untuknya.

Sekadar informasi, setiap manusia mempunyai sepasang ginjal. Jika salah satu mengalami kerusakan dan harus diangkat, maka manusia masih bisa hidup hanya dengan satu ginjal.

Fungsi ginjal yaitu untuk menyaring darah dan memisahkan racun, mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh serta keseimbangan elektrolit. Racun yang telah tersaring kemudian keluar dari dalam tubuh dalam bentuk urin.

Itulah mengapa seseorang yang terkena gangguan ginjal harus rutin melakukan proses cuci darah. Jadi, sayangi ginjalmu ya karena sakit itu mahal.

Berita Terkait

Berita Terkini