Info

Kamu Harus Tahu, Ini 4 Tempat Penuh Kuman yang Harus Diwaspadai

Mulai dari kolam renang hingga daftar menu makanan.

Agung Pratnyawan | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Kolam renang. (pixabay)
Kolam renang. (pixabay)

Himedik.com - Kebersihan merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Tak hanya lingkungan tempat tinggal, kebersihan diri juga tidak kalah penting. Karena banyak tempat penuh kuman yang ada disekitar kamu.

Pasalnya beberapa tempat umum yang biasa kamu kunjungi memiliki banyak bakteri penyebab penyakit. Salah satunya kolam renang.

Berikut ini 4 tempat penuh kuman yang harus kamu ketahui.

1. Kolam renang

Waterpark biasanya dipenuhi oleh anak-anak. Masalahnya, anak-anak dapat membawa sebanyak 10 gram sisa kotoran karena tidak dibersihkan dengan baik.

Mereka lantas langsung masuk ke kolam renang tanpa menyeka ulang dan otomatis semua kotoran itu masuk dalam kolam. Meski air kolam renang mengandung klorin, zat yang digunakan untuk membunuh bakteri, tapi tetap tidak membunuh semuanya.

Hasilnya bakteri E. coli, yang dapat menyebabkan diare berdarah mengintai. Jadi, usahakan tidak menelan air kolam sedikit pun.

2. Gym

Jika tempat kamu biasa nge-gym menawarkan cara untuk membersihkan peralatan sebelum digunakan, maka lakukanlah. Pasalnya menurut sebuah penelitian menunjukkan bahwa beberapa alat gym adalah tempat bagi spesies yang biasa ditemukan di toilet.

Tempat gym. (pixabay)
Tempat gym. (pixabay)

3. Daftar menu restoran

Daftar menu biasanya luput dari pembersihan. Meski banyak disentuh orang, kebanyakan hanya dibersihkan sekali saja sehari.

Bahkan saking kotornya beberapa daftar menu restoran memiliki hingga 100 kali lebih banyak bakteri daripada tempat duduk toilet. Jadi sebaiknya cucilah tangan usai memegang daftar menu.

4. Irisan lemon pada gelas minuman

Sering kali tempat makan menyajikan minuman dengan irisan lemon di pinggir gelasnya. Sebaiknya jangan diperas.

Menurut sebuah penelitian sebanyak hampir 70 persen irisan lemon dari pinggiran gelas restoran mengandung mikroba penyebab penyakit, termasuk E. coli, dan feses yang dapat menyebabkan beberapa masalah perut yang parah.

Itulah 4 tempat penuh kuman yang ada di sekitarmu dan perlu diwaspadai.

Berita Terkait

Berita Terkini