Info

Lima Manfaat Kaktus yang Wajib Kamu Tahu, Dijamin Bikin 'Mupeng'

Kandungan taurin pada air yang berada di batang kaktus dapat membantu proses detoksifikasi tubuh.

Rauhanda Riyantama

Tanaman kaktus. (pixabay)
Tanaman kaktus. (pixabay)

Himedik.com - Di tangan para milenial, kini kaktus disulap menjadi tanaman kekinian nan cantik dan elegan. Kesan simpel membuat tanaman ini juga begitu digemari untuk digunakan sebagai dekorasi ruangan dan meja kerja.

Selain itu, warna hijau dari kaktus memberikan efek tenang dan manfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit. Dikutip dari Hitekno.com, berikut lima manfaat kaktus yang wajib kalian tahu.  

1. Detoksifikasi

Kandungan taurin pada air yang berada di batang kaktus ternyata dapat membantu proses detoksifikasi tubuh.

Sebagai manusia, proses detoksifikasi sangat penting untuk dilakukan karena mampu mengeluarkan racun-racun yang menumpuk dalam tubuh.

2. Melembabkan kulit

Walaupun bentuknya terlihat tidak ramah untuk kulit, rupanya kaktus sangat bermanfaat untuk perawatan kecantikan karena mampu melembabkan kulit dan membuat kulit menjadi lebih kenyal.

Cara penggunaannya mudah, kamu hanya perlu menggunakan batang atau daging kaktus yang sudah dibersihkan, potong-potong, dan letakkan pada wajah.

3. Menyembuhkan gigitan serangga 

Kaktus rupanya memiliki kandungan turamine dan hordenine yang bisa menjadi penawar racun dari gigitan serangga.

Rasa gatal dan ruam yang terasa karena efek gigitan serangga dapat ditangani dengan kaktus. Caranya dengan menumbuk halus batang kaktus, lalu oleskan pada bagian tubuh yang digigit.

Kaktus sebagai dekorasi dalam ruangan. (pixabay)
Kaktus sebagai dekorasi dalam ruangan. (pixabay)

4. Mencegah tumor dan kanker

Kaktus yang mengandung antioksidan ini ternyata sangat baik untuk melindungi tubuh dari radikal bebas dan berbagai penyakit berbahaya.

Salah satu penyakit berbahaya yang mampu ditangani oleh kaktus adalah tumor yang berpotensi berkembang menjadi sel kanker.

5. Menjaga kesehatan mata.

Tanaman kecil ini ternyata memiliki kandungan vitamin A yang cukup banyak. Kandungan ini dapat membantu menjaga dan memperbaiki kesehatan mata siapa saja yang berada di sekelilingnya.

Itulah lima manfaat kaktus yang sangat baik untuk kesehatan. Kamu mulai tertarik memelihara tanaman kaktus?

 

Artikel terkait dimuat Hitekno.com dengan judul: Pelihara Kaktus, Ini Deretan Manfaatnya yang Baik untuk Kesehatan

Berita Terkait

Berita Terkini