Info

Lima Tanda Penyakit Jantung yang Harus Kamu Tahu

Bintik gelap di kuku dan lebam di area tertentu merupakan tanda adanya masalah pada jantung.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi sakit jantung. (pixabay)
Ilustrasi sakit jantung. (pixabay)

Himedik.com - Jantung merupakan satu dari sekian organ yang menjalankan fungsi penting dalam tubuh. Jantung yang sehat tentu akan membuat peredaran darah lancar sehingga tidak menimbulkan berbagai macam penyakit, misalnya serangan jantung dan sebagainya.

Setiap orang berisiko terkena beragam penyakit termasuk jantung jika tidak menjaga kesehatan tubuhnya. Berikut telah dirangkum tanda seseorang terkenan penyakit jantung.

1. Kekuatan tangan melemah

Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan memeras sesuatu menjadi indikator kesehatan jantung seseorang. Semakin kuat perasan atau cengkeraman, semakin rendah risiko penyakit jantung.

2. Bintik gelap di kuku

Bintik gelap di kuku merupakan gumpalan darah yang bisa menunjukkan adanya infeksi pada lapisan jantung atau katup yang disebut endokarditis. Selain itu, bintik gelap juga menjadi pertanda diabetes, dan orang-orang dengan kondisi tersebut memiliki kemungkinan dua sampai empat kali lebih besar terserang penyakit jantung dan stroke.

3. Pusing

Sakit kepala seringkali berkaitan dengan adanya masalah pada jantung karena tidak memompa cukup banyak darah ke otak. Selain itu, gagal jantung juga bisa membuatmu merasa pusing.

Ilustrasi pusing. (pixabay)
Ilustrasi pusing. (pixabay)

4. Perubahan warna kulit

Jari tangan dan kaki yang berwarna kebiruan atau abu-abu bisa disebabkan oleh sirkulasi darah yang buruk. Lebam di area tertentu juga bisa menjadi pertanda endokarditis yaitu infeksi pada endokardium (lapisan bagian dalam jantung).

5. Sesak napas

Merasa sesak napas bisa menjadi gejala gagal jantung, aritmia, atau serangan jantung. Segera hubungi dokter jika kamu mengalami hal ini.

Itulah tanda penyakit jantung yang harus kamu tahu. Jika kamu memiliki salah satu tanda di atas segera pergi ke dokter ya.

Berita Terkait

Berita Terkini