Info

Manfaat Sinar Matahari bagi Tubuh Manusia

Sinar matahari merupakan sumber vitamin D.

Stephanus Aranditio | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi berjemur di bawah sinar matahari. (pixabay)
Ilustrasi berjemur di bawah sinar matahari. (pixabay)

Himedik.com - Matahari merupakan pusat tata surya. Tanpa adanya sinar matahari, kehidupan ini tidak akan berjalan. Tanaman membutuhkan sinar matahari untuk fotosintesis. Begitu pula dengan manusia yang membutuhkan sinarnya untuk menunjang kelangsungan hidup termasuk dalam segi kesehatan.

Pasalnya hampir sebanyak 80 persen vitamin D yang diperlukan oleh tubuh berasal dari sinar matahari. Vitamin D sendiri berperan dalam membantu menguatkan tulang dan gigi.

Selain itu paparan sinar matahari juga bisa memperbaiki suasana hati. Hal ini berdasarkan dari data bahwa sebanyak 10 persen penduduk dunia mengalami seasonal affective disorder (SAD) pada musim dingin yang mana saat itu matahari tak muncul dengan maksimal.

Sekadar informasi SAD merupakan gangguan psikologis yang disebabkan oleh adanya perubahan musim.

Ilustrasi berjemur di bawah sinar matahari. (pixabay)
Ilustrasi berjemur di bawah sinar matahari. (pixabay)

Di sisi lain paparan sinar UV dapat mengakibatkan kulit menua lebih cepat karena sinar matahari dapat menembus langsung ke lapisan tengah kulit (dermis). Akibatnya tanda penuaan seperti timbul kerutan dan flek terjadi lebih cepat.

Lalu bagaimana cara mendapatkan manfaat sinar matahari?

Menurut WHO untuk mendapatkan manfaat sinar matahari, seseorang hanya perlu waktu sebanyak 5 hingga 15 menit untuk berjemur di bawahnya setiap harinya dan waktu yang tepat untuk berjemur adalah di pagi hari sebelum pukul 10.

Berita Terkait

Berita Terkini