Info

3 Kebiasaan yang Bantu Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Lakukan latihan fisik seperti jogging atau olahraga ringan lain secara terartur.

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Olahraga untuk tingkatkan metabolisme. (pixabay/StockSnap)
Olahraga untuk tingkatkan metabolisme. (pixabay/StockSnap)

Himedik.com - Metabolisme merupakan semua proses reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh makhluk hidup. Termasuk pada makhluk hidup tingkat seluler.

Fungsi metabolisme di antaranya untuk menghasilkan energi, pertumbuhan, respirasi, serta mengganti jaringan yang rusak. Nah, supaya metabolisme berjalan lancar berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Saat tubuh kekurangan air, kalori yang terbakar pun juga sedikit. Selain itu, asupan air yang cukup juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

2. Minum susu

Susu merupakan minuman tinggi kalsium yang baik untuk tubuh. Selain baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi, kalsium juga berperan penting dalam meningkatkan metabolisme tubuh.

Ilustrasi susu evaporasi. (pixabay/couleur)
Susu. (pixabay/couleur)

3. Olahraga

Tahukah kamu bahwa ketika sedang istirahat sekalipun otot-otot tetap membutuhkan energi untuk menjalankan fungsinya. Oleh karena itu untuk meningkatkan proses metabolisme lakukan latihan fisik secara rutin. Baik itu jogging, senam, atau bahkan cuma berjalan kaki.

Demikian tiga  kebiasaan sederhana untuk bantu tingkatkan metabolisme. Dari ketiganya mana nih yang sudah biasa kamu lakukan setiap harinya?

Berita Terkait

Berita Terkini