Info

Jangan Dibuang Dulu, Ini Tiga Manfaat Kantong Teh Celup Bekas

Bisa bikin rambut makin berkilau lho.

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Kantong teh celup. (pixabay/humusak)
Kantong teh celup. (pixabay/humusak)

Himedik.com - Bagi para pecinta teh, minum teh celup merupakan solusi yang tepat dan praktis untuk menikmatinya. Selain menawarkan kemudahan, teh juga mengandung manfaat yang bagus untuk tubuh.

Namun, usai diseduh jangan keburu membuah kantong teh celup. Pasalnya, penggunaan bekas kantong teh celup dapat mengurangi beberapa masalah beriku ini.

1. Mengatasi masalah mata

Kalau kamu punya masalah mata panda, iritasi, atau mata merah, coba obati dulu dengan kantong teh celup bekas deh. Caranya cukup mudah, tiriskan teh celup yang sudah digunakan, lalu peras dan diamkan sekitar 10-20 menit.

Selamat, kantong teh celup bekas sudah bisa digunakan untuk mengompres mata. Sebaiknya kompres mata selama 15 hingga 30 menit ya.

2. Perawatan rambut

Sebenarnya tak perlu teh celup, teh seduh biasa juga bisa kok karena yang digunakan hanya ampas. Caranya cukup siramkan air seduhan teh pada rambut, biarkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih.

Ilustrasi rambut lurus (pixabay)
Ilustrasi rambut berkilau. (pixabay)

Tak perlu ragu untuk mempraktikkannya, pasalnya sudah ada penelitian yang membuktikan bahwa segala jenis teh efektif cegah kerontokan, membuat rambut lebih berkilau, hingga meningkatkan pertumbuhan rambut.

3. Meredakan luka bakar ringan

Menurut para ahli, asam tanat dalam teh hitam dapat memicu pembekuan sel-sel kulit yang terluka sekaligus melindungi permukaan kulit ketika beregenerasi. Sehingga diklaim berkhasiat untuk meredakan luka bakar.

Tapi ingat ya, bahwa jenis teh yang digunakan adalah teh hitam bukan hijau atau yang lainnya dan hanya untuk luka bakar ringan.

Itulah 3 manfaat kantong teh celup bekas. Semoga bermanfaat.

Berita Terkait

Berita Terkini