Info

Eits, Jangan Dibuang, Ini Empat Biji yang Sehat Untuk Tubuh

Cek di sini yuk.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Biji labu/unsplash
Biji labu/unsplash

Himedik.com - Meski ukurannya kecil, biji-bijian ini ternyata punya manfaat yang besar untuk tubuh.

Menurut Lori Zanini, ahli diet terdaftar dan juru bicara untuk Akademi Nutrisi dan Diet, kamu hanya perlu menambahkan sedikit biji-biji ini ke dalam smoothie atau salad.

Berikut beberapa biji yang bisa membawa dampak baik pada tubuhmu.

1. Biji rami

Biji ini sering dikaitkan dengan kesehatan pencernaan yang lebih baik. Biji rami mengandung nutrisi seperti serat, protein dan asam lemak omega-3.

Selain itu, biji rami juga merupakan sumber lignan yang baik, senyawa yang terbukti memiliki potensi untuk mengurangi pertumbuhan tumor dan risiko kanker.

Biji chia. (pixabay)
Biji chia. (pixabay)

2. Biji chia

Dianggap sebagai sumber protein lengkap karena mengandung semua asam amino esensial. Biji chia juga bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

''Gunakan makanan ini dalam olahan seperti roti bukan sebagai suplemen,'' tutur Michael Roizen, dari Klinik Cleveland.

3. Biji labu

Mengandung magnesium yang baik untuk tubuh yang sangat cocok untuk penderita diabetes. Selain itu, biji labu juga kaya antioksidan, seng, omega-3, dan asam lemak omega-6 yang memberikan manfaat untuk kesehatan jantung dan hati.

4. Biji wijen

Biasanya biji wijen dapat ditemukan pada roti, hamburger dan sebagainya. Studi menunjukkan konsumsi biji wijen dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam darah, termasuk vitamin E.

Wijen juga mengandung zat besi, seng, tembaga dan vitamin. Penelitian sebelumnya juga yang bermanfaat serta tekanan darah sistolik.

Berita Terkait

Berita Terkini