Info

Ini Makanan yang Bikin Cepat Kenyang Tapi Ngga Bikin Cepat Lapar

Makanan tinggi serat bikin kenyang lebih lama.

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Sayuran tinggi serat. (pixabay)
Sayuran tinggi serat. (pixabay)

Himedik.com - Kalau setelah makan dan kenyang tapi sesaat kamu merasa lapar lagi, mungkin ada yang salah dengan makananmu. Untuk itu pilihlah makanan sehat yang tidak bikin kamu cepat lapar lagi, contohnya seperti di bawah ini.

1. Makanan kaya serat

Menurut ahli gizi genetik di Pathway Genomics Chandler Ray, makanan tinggi serat akan memperlambat proses pencernaan, sehingga membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Makanan tinggi serat juga dapat membantu melancarkan BAB, menjaga gula darah, dan menurunkan kadar kolesterol.

Kamu bisa memilih menyantap kentang rebus daripada nasi karena menurut seorang ahli gizi, Dr. Mike Roussell, Ph.D., kentang rebus punya angka mengenyangkan tertinggi menurut indeks kenyang atau Satiety Index.

2. Makanan tinggi lemak

Eits tunggu dulu, lemak yang dimaskud adalah lemak sehat ya, seperti kacang pistacio. Pistacio juga membantu mengontrol kadar gula darah yang memengaruhi rasa kenyang saat makan.

Pistachio. (pixabay/Alexas_Fotos)
Pistachio. (pixabay/Alexas_Fotos)

3. Makanan kaya protein

Sejumlah ahli gizi menyarankan konsumsi makanan tinggi protein untuk membuat kita cepat kenyang.

Seorang ahli gizi bernama Rima Kleiner, MS, RD. menjelaskan, bahwa protein akan membuat otak mengenali hormon leptin yang akan memunculkan rasa kenyang lebih lama dan juga menyediakan energi untuk tubuh.

Sejalan dengan itu, ahli gizi diet dan owner Bright Body Nutrition, Mikka Knapp menambahkan, protein juga akan lebih mudah dicerna daripada karbohidrat.

''Daging rendah lemak seperti ayam, kalkun atau makanan laut adalah opsi terbaik. Konsumsilah sekitar 4-6 ons untuk makan siang atau malam,'' kata Knapp.

Kamu juga bisa menambahkan konsumsi olahan kacang karena kacang-kacangan kaya akan protein dan serat. Begitu pula buah dan yoghurt yang bisa menjadi santapan lezat ketika malam tiba.

Itulah tiga jenis makanan yang bikin cepat kenyang tapi ngga bikin cepat lapar. Dengan begitu tak perlu khawatir menjalani aktivitas padat seharian.

Berita Terkait

Berita Terkini