Info

Tips Tetap Aman dan Sehat Saat Liburan Tahun Baru 2019

Padatnya aktivitas saat liburan kerap kali mengganggu pola makan.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi liburan. (pixabay)
Ilustrasi liburan. (pixabay)

Himedik.com - 'Libur telah tiba; libur telah tiba; hore, hore, hore; hatiku gembira'. Itulah sepenggal lirik lagu yang kiranya pantas untuk menyambut momen liburan tahun baru 2019 kali ini. 

Lagu yang dipopulerkan oleh Tasya Kamila pada rentang tahun 2000 ini memang begitu melekat hingga sekarang. Terlebih bagi mereka yang hendak bertamasya bersama keluarga atau sahabat.

Terlepas dari hal itu, padatnya aktivitas saat liburan kerap kali mengganggu pola makan. Percaya atau tidak, momen seperti ini berisiko bagi seseorang yang memiliki penyakit mag.

Untuk itu, kali ini Himedik ingin memberikan tips aman dan terbebas dari mag saat liburan tahun baru 2019. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

1. Makanlah dengan porsi secukupnya

Mencicipi berbagai macam kuliner khas saat liburan memang menjadi momen yang dinanti. Namu jangan kalap, sebab makan terlalu banyak dapat mengganggu sistem pencernaan. Ada baiknya makan dengan porsi secukupnya.

Faktanya, ketika lambung sudah penuh terisi makanan, asam yang dihasilkan lambung juga semakin banyak. Hal ini bisa menyebabkan luka dan membuat mag kambuh.

Ilustrasi liburan aman dan sehat. (pixabay/rawpixel)
Ilustrasi liburan aman dan sehat. (pixabay/rawpixel)

2. Pilihlah menu makanan yang cocok

Jangan mentang-mentang sedang liburan semua makanan dilahap habis. Sebab, mungkin ada beberapa makanan yang tak dapat dicerna dengan baik oleh lambung, misalnya makanan pedas.

Makanan pedas mengandung capcaisin yang bisa memicu produksi asam lambung berlebihan. Bahkan makanan pedas bisa mengurangi lapisan yang berfungsi melindungi lambung sehingga rentan terkena infeksi.

Itulah beberapa tips aman dan tetap sehat saat liburan tahun baru 2019. Semoga bermanfaat!

Berita Terkait

Berita Terkini