Info

Menilik Kanker Getah Bening yang Diderita Ustaz Arifin Ilham

Kabar baiknya, sang ustaz telah dinyatakan bebas dari kanker dan sedang menjalani pemulihan.

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ustaz Arifin Ilham. (Instagram/kh_m_arifin_ilham)
Ustaz Arifin Ilham. (Instagram/kh_m_arifin_ilham)

Himedik.com - Senin (17/12), dalam salah satu tayangan infotainment, Ustaz Arifin Ilham mengatakan di hadapan jemaah bahwa saat ini dia tengah recovery setelah menjalani kemoterapi kanker kelenjar getah bening. Menurut penuturannya, ia tengah diuji dengan penyakit dan meminta jemaah mendoakan kesembuhannya.

''Alhamdulillah, saya sekarang sudah tidak kemoterapi lagi. Saya sudah dinyatakan bebas dari kanker kelenjar getah bening stadium 4A. Namun masih recovery,'' ucapnya.

Kabar baik lainnya, pemimpin Pondok Pesantren Az-Zikra Gunung Sindur itu terbebas dari kanker getah bening stadium 4A dalam waktu dua bulan tiga hari. Dokter yang menanganinya pun sampai terjekut dengan perkembangannya.

''Ini berkat doa ibu-ibu dan jemaah semua. Alhamdulillah saya sudah clean tapi harus tetap menjaga kesehatan,'' tuturnya.

Sekadar informasi, kanker kelenjar getah bening merupakan jenis kanker ganas yang menyerang sistem limfatik, yaitu bagian penting dari sistem pertahanan tubuh. Tugasnya membentuk barisan pertahanan untuk melawan infeksi maupun kanker.

Gejala kanker kelenjar getah bening yang paling umum adalah kelelahan, demam disertai menggigil, gatal-gatal, penurunan berat badan, dan nyeri dada atau punggung bagian bawah. Jika dirasa mengalami keluhan atau gejala serupa sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Pasalnya kemungkinan sembuh dari kanker, termasuk kanker getah bening bergantung pada stadium kanker pasien. Jadi, semakin cepat kanker diketahui, semakin cepat pengobatan dilakukan, sehingga makin mudah proses penyembuhan.

Berita Terkait

Berita Terkini