Info

Wah, Ternyata Imajinasi Dapat Membantu Mengatasi Kecemasan lho

Dalam imajinasi, kamu dapat melakukan apapun yang kamu mau.

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi imajinasi. (pixabay/TeroVesalainen)
Ilustrasi imajinasi. (pixabay/TeroVesalainen)

Himedik.com - Gangguan kecemasan atau anxiety disorder merupakan gangguan psikologis yang disebabkan oleh adanya pikiran atau perasaan yang terlalu khawatir mengenai masa depan. Rasa cemas biasanya ditandai dengan gemetar, jantung berdetak kencang, dan lain sebagainya.

Namun, ternyata imajinasi dapat membantu mengatasi hal tersebut lho. Pasalnya dalam imajinasi kamu bisa melakukan apapun yang kamu mau. Imajinasi inilah yang mendorong kreativitas dan memungkinkan kita menemukan solusi inovatif.

Imajinasi dapat menenangkan kita selama dalam masa-masa sulit, membantu memecahkan masalah, membuat hal-hal baru, dan mempertimbangkan tindakan yang mungkin akan dilakukan.

Hal ini didukung oleh beberapa peneliti yang berpendapat bahwa imajinasi dapat memberi kita kemampuan untuk mempertimbangkan skenario yang berbeda, itulah yang membedakan manusia dan hewan. Selain itu, sudah ada penelitian yang menunjukkan bahwa apa yang dibayangkan sebenarnya dapat mempengaruhi pikiran dan tubuh dengan cara yang sangat konkret.

Ilustrasi imajinasi. (pixabay)
Ilustrasi imajinasi. (pixabay)

Seperti penelitian yang dimuat dalam jurnal Psychological Science pada tahun 2009, bahwa ketika kita membayangkan melakukan sesuatu, pikiran dan tubuh akan mengantisipasi tindakan yang dibayangkan seolah-olah itu adalah tindakan nyata.

Begitu pula dengan penelitian lain yang dimuat dalam Current Biology pada tahun 2013, menunjukkan bahwa membayangkan sedang mendengar bunyi atau melihat bentuk tertentu dapat mengubah cara kita memandang dunia secara real time.

Selain dua penelitian di atas, masih banyak penelitian lain yang membuktikan bahwa imajinasi dapat membantu kecemasan seseorang. Ini tentunya sangat solutif karena kita hanya perlu banyak membayangkan hal-hal positif supaya kecemasan dapat teratasi.

Berita Terkait

Berita Terkini