Info

Mengenal Kanker Kolorektal, Kanker yang Menyerang Usus Besar

Tanda awal kanker diawali dengan tumbuhnya polip.

Agung Pratnyawan | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Kanker. (pixabay)
Kanker. (pixabay)

Himedik.com - Kanker kolorektal terjadi ketika sel-sel abnormal tumbuh di lapisan usus besar. Kanker ini dapat menyerang pria maupun wanita, dan memiliki tingkat kematian tertinggi kedua di AS.

Tanda awal kanker diawali dengan tumbuhnya polip (radang usus) di bagian dalam usus. Rata-rata memang tidak berbahaya, tetapi beberapa dapat berubah menjadi kanker kolorektal jika tidak dibuang lebih awal.

Dua jenis polip usus yang paling umum adalah adenoma dan polip hiperplastik. Mereka terbentuk ketika ada masalah dengan cara sel tumbuh dan memperbaiki dirinya di lapisan usus besar.

Orang yang paling berisiko terkena kanker ini adalah mereka yang berusia di atas 50 tahun dan yang memiliki keturunan. Maka dari itu cobalah untuk menghindari hal-hal yang dapat meningkatkan peluang terserang penyakit, seperti makan banyak daging merah atau olahan, makanan yang dimasak pada suhu tinggi, kurang berolahraga, merokok, dan konsumsi alkohol.
 
Tidak ada tanda atau gejala kanker kolorektal, jadi penting untuk melakukan pemeriksaan rutin karena menemukannya lebih awal berarti peluang dapat disembuhkan lebih besar.

Namun, ketika penyakit semakin memburuk, kamu mungkin akan mengalami nyeri perut, tinja berdarah, sembelit atau diare, penurunan berat badan, serta kelelahan. Pada saat gejala-gejala ini muncul, tumor telah berkembang dan lebih sulit untuk diobati.

Tes skrining adalah kunci untuk diagnosis dini. Kebanyakan orang harus memiliki kolonoskopi setiap 10 tahun sekali saat mulai berusia 45 tahun.

Tes ini menggunakan tabung dengan kamera kecil untuk melihat seluruh kolon dan rektum. Sehingga dapat membantu mencegah kanker kolorektal dengan menemukan tumor lebih awal.

Itulah sekilas mengenai kanker kolorektal. Jika keluarga ada yang memiliki riwayat kanker, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ya.

Berita Terkait

Berita Terkini