Info

Daun Mangga Bisa Sembuhkan Diabetes, Ini Buktinya

Daun mangga memiliki banyak nutrisi.

Agung Pratnyawan | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Buah mangga. (pixabay/PublicDomainPictures)
Buah mangga. (pixabay/PublicDomainPictures)

Himedik.com - Buah mangga adalah sumber energi, antioksidan, dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Meski demikian jangan perhatikan asupannya jangan berlebihan.

Pasalnya dalam 100 gr mangga mengandung sekitar 13,66 gr gula. Namun, tak hanya buahnya yang memiliki banyak manfaat, daunnya juga berkhasiat lho.

Daun mangga mengandung vitamin A, B, dan C, serta antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif. Selain itu daunnya juga mengandung tanin dan anthocyanin, yang membantu untuk mengobati diabetes awal.

Kamu yang menderita hiperglikemia, diabetes angiopati, dan retinopati diabetes bisa mencoba minum teh daun mangga karena daunnya mengandung senyawa yang disebut taraxerol-3beta dan etil asetat ekstrak yang bersinergi dengan insulin untuk mengaktifkan GLUT4 dan menstimulasi sintesis glikogen.

Daun mangga. (pixabay/DraveenSentinel)
Daun mangga. (pixabay/DraveenSentinel)

Bahkan menurut penulis kesehatan, teh daun mangga telah digunakan oleh dokter Eropa untuk membantu mengobati diabetes serta masalah pembuluh darah yang berkaitan dengan diabetes.

Lebih lanjut para penulis mengklaim bahwa teh daun mangga telah dikaitkan dalam memperlambat perkembangan diabetes serta berhubungan dengan penyembuhan pembuluh darah yang rusak akibat diabetes di dalam dan sekitar pankreas.

Wah ngga nyangka di balik daunnya yang nampak biasa saja, ternyata mengandung manfaat yang menakjubkan. Khasiat daun mangga untuk mengobati diabetes telah terbukti secara ilmiah.

Berita Terkait

Berita Terkini